Pengertian dan Cara Menggambar Isometri
Setelah pada artikel sebelum nya kami membahas tentang Pengertian Gambar Situasi, pada kesempatan kali ini kami masih membahas tentang gambar, yaitu Gambar Isometri. Gambar isometri sendiri adalah gambar yang mempunyai perbandingan panjang ketiga sumbu nya, sumbu x, sumbu y, dan sumbu z adalah 1 : 1 : 1, dan jarak antar sumbu nya membentuk sudut sebesar 120 derajat. Pada isometri salah satu cirinya adalah besar antara sumbu x dan y terhadap garis mendatar adalah 30 derajat.
Untuk kalian yang ingin mendesain gambar dengan Proyeksi Isometri sebenarnya sangat mudah jika anda menggunakan Software Autocad. Apalagi jika kalian seorang drafter sudah dipastikan wajib mengerti Cara Menggambar Isometri Dengan Software Autocad. Untuk kalian yang belum mengerti cara menggambar isometri dengan software autocad, tenang saja pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit cara menggambar isometri. Berikut caranya :
Baca Juga : Pengertian Gambar Situasi
Cara Menggambar Isometri Dengan Autocad
1. Masuk Ke Software Autocad
2. Masukan Comman dengan menuliskan DS
2. Masukan Comman dengan menuliskan DS
3. Pilih Menu "Snap and Grid"
4. Lalu Pilih "Isometrik Snap" Pada Submenu "Snap Type"
5. Klik Ok
4. Lalu Pilih "Isometrik Snap" Pada Submenu "Snap Type"
5. Klik Ok
Setelah kalian lakukan perintah diatas sekarang tinggal kalian gambar apa yang ingin kalian gambar. Jika belum mengerti, Berikut ini Contoh Cara Menggambar Isometri.
Baca Juga : Ukuran Standar Sudut Kemiringan Atap
1. Masukkan Command PL (Polyline) Setelah Itu Klik Enter
2. Klik Disembarang atau Ditempat yang Kalian Inginkan
2. Klik Disembarang atau Ditempat yang Kalian Inginkan
3. Setelah Itu Tarik Kearah Kanan Atas, Masukan Jarak 100 Klik Enter
4. Arahkan Mouse Kebawah, Masukan Jarak 100 Klik Enter
5. Arahkan Mouse Ke kiri, Masukan Jarak 100 Klik Enter
6. Arahkan Mouse Keatas, Masukan Jarak 100 Klik Enter
7. Berikut nya Tinggal Anda Copy Kekiri, Masukan Cammand CO (Copy), Klik Enter
8. Pilih Object yang Ingin Di Copy
9. Setelah Itu Pilih lah Basepint Object Sudut Kanan Atas
10.Tarik Kekiri, Atau Kalau Tidak Bisa Tarik Keatas.
11. Lalu Klik F5 Pada Keyboard PC anda, Tarik Kekiri
12. Masukan 75, Klik Enter
13. Masukan Command PL (Polyline), Dan Lakukan Seperti Langkah Dipaling atas Untuk Menyambungkan Sudut - Sudutnya
Nah sekarang sudah jadi gambar kotak yang sempurna. Namun anda harus mengetahui bahwa anda beberapa trik sederhana yang biasa dipakai dalam menggambarkan isometri. Seperti berikut
Baca Juga : Pengertian Dan Ukuran Standar Carport
Fungsi Tombol F3, F5, Dan F8 Untuk Menggambar Isometri
F3 untuk Menghidupkan atau mematikan Snap
F5 untuk merubah Isoplane Top, Right Or Left
F8 untuk menghidupkan atau mematikan Ortho
Buat anda yang ingin memodifikasi type garis, layer, atau lain sebagainya anda cukup masukan Command PR anda dapat dengan mudah memodifikasi gambar sesuai dengan yang anda inginkan
CATATAN :
- Biasakan menggunakan Command Polyline (PL) dari pada Command Line (L), karena akan lebih menguntungkan dan memudahkan untuk merubah style tiap masing-masing object polyline nantinya.
- Selalu perhatikan perintah yang berada di barisan command paling bawah.
- Jenis garis yang dapat dirubah ketebalannya hanya garis dengan type Polyline. BUKAN Line.
- Untuk memodifikasi object, caranya pilih/blok dulu object yg akan domodif lalu ketik "PS", Enter. atau sebaliknya.
- Untuk merubah ketebalan, Rubah "Global width" pada perintah PR. masykkan angka 5
Begitulah sedikit Cara Menggambar Isometrik. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami dan membaca artikel diatas. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua.
Posting Komentar untuk "Pengertian dan Cara Menggambar Isometri"