Tiga Langkah Mudah Agar Undercarriage Lebih Awet


Alat berat excavator terdiri dari berbagai komponen yang mendukung kinerja satu sama lain. Jika terdapat gangguan atau kerusakan pada salah satu komponen, maka dapat mengganggu kinerja komponen lainnya dan menghambat fungsi alat berat excavator pada pekerjaan lapangan.





Salah satu komponen penting pada alat berat excavator adalah undercarriage. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana merawat bagian undercarriage pada excavator agar lebih tahan lama dan awet digunakan. Untuk selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini ya!





Apa Itu Undercarriage Excavator?





undercarriage excavator




Yang dimaksud dengan undercarriage pada alat berat excavator adalah suatu sistem penggerak yang digunakan pada kendaraan beroda besar seperti excavator dan bulldozer. Jika roda pada umumnya memiliki bentuk bulat dan terbuat dari bahan karet, undercarriage terbuat dari bahan besi yang saling berhubungan antara satu bagian dan bagian lainnya.





Undercarriage pada excavator mempunyai tingkat ketahanan yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan bagian tersebut tidak hanya digunakan sebagai penggerak, namun juga harus mampu menopang beban atau berat dari alat berat yang ada.





Pengertian lain dari undercarriage adalah sebagai suatu komponen bagian bawah pada alat berat dengan tipe track rantai yang berfungsi sebagai pembawa alat berat. Disini, undercarriage termasuk dalam kerangka bawah yang masih menjadi bagian dari crawler traktor.





Fungsi Undercarriage Excavator





Fungsi dari undercarriage antara lain:





  • Difungsikan sebagai pendukung dan pembawa unit alat berat
  • Memiliki peran dalam menopang beban atau bobot dari alat berat
  • Undercarriage bekerja sama dengan sistem steering dan rem yang dapat menggerakkan unit alat berat untuk bisa bergerak maju, mundur, ke kiri dan ke kanan




Dengan fungsi yang sangat penting pada alat berat, diperlukan pengecekan secara berkala dan rutin pada bagian undercarriage untuk menghindarkan gangguan atau kerusakan. Undercarriage yang tidak dirawat dengan baik dapat menurunkan performa dan fungsi dari alat berat. Penurunan performa secara terus-menerus nantinya dapat menyebabkan kerusakan besar yang tentu mengakibatkan kerugian biaya dan waktu dari pemilik alat berat.





Merawat Bagian Undercarriage Excavator





undercarriage excavator




Untuk menjaga kondisi bagian undercarriage excavator, ada tiga hal yang dapat dilakukan guna memperpanjang masa pemakaian bagian tersebut. Apa saja?





a. Memeriksa dan Membersihkan Track Excavator





Dilansir dari Jordan Troutman selaku Presiden Pivot Equipment Parts, hal pertama yang dapat dilakukan untuk merawat dan memperpanjang masa pakai undercarriage pada excavator adalah dengan membersihkan dan memeriksa kondisi track.





Dengan pekerjaan lapangan yang intens, terdapat puing-puing atau kotoran yang terperangkap pada sela-sela track. Hal ini dapat merusak bagian-bagian yang bersinggungan dengan puing atau kotoran tersebut. Selain itu, adanya kotoran yang terjebak di sela track dapat mempengaruhi performa alat berat.





Troutman menjelaskan, “Operator alat berat harus selalu memeriksa apakah terdapat puing-puing dan akumulasi kotoran yang menempel pada bagian track pada awal shift dan setiap akan memasuki kabin alat berat.”





Lebih lanjut ia menambahkan bahwa jenis material tertentu dapat mempengaruhi bagaimana dan tingkat pembersihan bagian undercarriage excavator. Apabila jenis kotoran yang menempel berupa pasir dan kering, dapat dilakukan pembersihan dengan mengayunkan lengan alat ke satu sisi, tekan tanah hingga track lainnya terangkat dari tanah dan putar track yang ditinggikan ke depan dan belakang. Lakukan hal serupa pada track yang berlawanan.





Sedangkan kotoran yang basah atau padat, dapat dibersihkan menggunakan sekop dan undercarriage harus lebih sering dibersihkan.





Saat dilakukan pengecekan kotoran, dapat juga dicari tanda-tanda kerusakan pada bagian undercarriage lainnya, seperti pada track pad, idler, roller dan sprocket.





b. Mengatur Ketegangan Track Excavator





Dengan penggunaan intens, track perlu dikencangkan. Kegiatan ini dapat disesuaikan dengan aplikasi, lingkungan dan operator alat berat dalam penggunaan excavator tersebut. Track yang kendor lebih cepat mengalami aus dibandingkan dengan track yang dikencangkan dengan baik dan benar. Di sisi lain, track yang terlalu kencang juga dapat menyebabkan aus. Sehingga, pengencangan harus sesuai tanpa dilebihkan atau dikurangi.





Untuk mengukur kelonggaran track, bergantung pada kelengkapan single-top-roller undercarriage atau two-top-roller undercarriage pada alat berat.





Pada single-top-roller undercarriage, buka bagian relief valve pada undercarriage dan injak ke bawah pada bagian yang berada di antara front idler dan track carrier roller. Tindakan tersebut dapat membantu melihat tingkat kelonggaran track dengan akurat. Kemudian, tempatkan sesuatu dengan straight edge di atas track yang kendor. Lalu ukur dari titik tersebut ke titik terdekat straight edge dan bandingkan angka tersebut dengan angka yang ditentukan pabrikan. Selanjutnya, kencangkan hingga track mencapai spesifikasi standar dari pabrik.





Sedangkan pada two-top-roller dapat diletakkan straight edge di atas track sehingga mencapai roller depan dan roller belakang. Lalu ukur jarak antara track dan straight edge di titik tengah antara kedua roller.





c. Pengukuran dan Perawatan Undercarriage Excavator





Undercarriage memiliki banyak bagian yang perlu diperiksa masing-masing bagiannya. Apabila terdapat bagian yang rata, maka bagian tersebut telah mengalami aus dan harus segera diganti. Selain itu, juga perlu dilakukan pemeriksaan bagian bawah roller untuk memantau apakah terdapat tanda-tanda kelembapan yang bisa menjadi tanda adanya kebocoran.





Dapat digunakan caliper guna mengukur bagian bawah dan atas roller lalu catat hasil pengukuran. Kemudian, periksa bagian pin dan bushing untuk melihat apakah perlu diputar. Apabila bagian atas bushing terlihat aus, maka dapat dilakukan pemutaran. Gunakan caliper untuk mengukur pin dan bushing lalu catat pengukurannya.





Kemudian lakukan pengukuran lebar track shoe dengan pita pengukur dan kedamalan dengan pengukur kedalaman. Dapat juga digunakan pengukur kedalaman guna mengukur ketinggian rel dan idler. Lalu, bandingkan semua ukuran yang ada dengan ukuran yang ditentukan pabrikan pada manual mesin.





Pengecekan dan perawatan rutin dapat memperpanjang usia undercarriage dan mencegah kerugian lebih banyak akibat kerusakan berat pada alat berat yang ada. Untuk itu, jangan lupa selalu mengecek kondisi alat berat Anda, ya!



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/merawat-undercarriage-excavator/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Tiga Langkah Mudah Agar Undercarriage Lebih Awet"