Doosan Meluncurkan Generasi Baru Wheeled Excavator


Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan alat berat dalam pekerjaan berat, seperti sektor pertambangan, perkebunan, pembangunan infrastruktur dan demolish, produsen alat berat berlomba mengembangkan teknologi dan berinovasi dalam kenyamanan dan keamanan alat berat guna memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pasar.





Doosan, produsen alat berat asal Korea Selatan, baru-baru ini meluncurkan seri wheeled excavator terbaru yang siap membantu berbagai pekerjaan lapangan.





Wheeled Excavator Terbaru dari Doosan





doosan




Doosan Infracore cabang Eropa baru-baru ini meluncurkan jenis wheeled excavator terbaru dengan nama DX140W-7 dan DX160W-7 mesin Stage V. Dua wheeled excavator dengan model ‘-7’ ini diklaim dapat memberi kinerja yang jauh lebih tinggi di tiap area dibandingkan dengan mesin Stage IV dari generasi sebelumnya.





Dua jenis terbaru tersebut mengolaborasi beberapa fitur terbaru. Yakni peningkatan kenyamanan, peningkatan waktu kerja, peningkatan kemampuan pembawa alat berat dengan fitur baru guna meningkatkan efisiensi bahan bakar, serta pengembalian investasi. Seluruh perkembangan pada dua jenis wheeled excavator ini berfokus pada peningkatan ketahanan, kelincahan dan daya dari alat berat excavator.





Lebih lanjut, dijelaskan bahwa masing-masing jenis DX140W-7 dan DX160W-7 dilengkapi dengan kabin canggih dan unggul dalam aspek kelapangan dan ergonomis. Kabin terbaru ini diklaim menghadirkan kenyamanan pada operator alat berat serta memberi kemudahan pengoperasian pada level baru.





Kabin pada jenis wheeled excavator terbaru ini dilengkapi dengan kursi berkualitas tinggi, kabin yang disempurnakan dengan berbagai fitur terbaru dibandingkan jenis alat berat lain, serta memastikan kemampuan kontrol yang super dan presisi tinggi pada semua aplikasi.





Fitur Bantuan Operator Terbaru





Baik wheeled excavator jenis DX140W-7 dan DX160W-7 menawarkan fitur Auto Digging Brake terbaru yang secara otomatis menahan rem servis pada posisi dimana kendaraan alat berat berhenti (kecepatan nol), tanpa pengemudi atau operator alat berat harus menginjak pedal rem terlebih dahulu.





Selain itu, pengemudi atau operator alat berat dapat mengaktifkan fungsi Auto Digging Brake dengan menekan tombol Auto Digging Brake yang terdapat di panel kontrol. Saat pedal akselerator ditekan, operator dapat melepas fungsi Auto Digging Brake.





Di samping itu, baik jenis DX140W-7 dan DX160W-7 dilengkapi dengan Joystick Steering, dimana pengemudi atau operator alat berat dapat mengarahkan mesin dengan menggunakan thumbwheel joystick – tanpa menggunakan roda kemudi, pada saat bekerja dan mengemudi dalam mode kerja. Sistem kemudi pada Josytick hanya bekerja terbatas di bawah 20 km/jam pada saat gigi kecepatan pertama atau kedua diaktifkan. Fungsi ini dapat diaktifkan ataupun dinonaktifkan dengan menekan tombol kemudi thumbwheel pada panel kontrol selama satu detik.





Sistem Isolasi Beban – Load Isolation System (LIS) termasuk dalam fitur terbaru lainnya yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara operator alat berat dengan mengurangi dampak yang ditransmisikan ke bagian depan alat berat pada saat berkendara di luar – seperti jalan raya, medan tidak rata dan berat.





Fungsi Boom Suspension pada LIS ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol pada panel kontrol – dapat diaktifkan saat kecepatan berkendara alat berat berkisar di 5 km/jam, atau ± 0,5 km/jam atau lebih, serta fitur ini dapat dinonaktifkan pada kecepatan 4 km/jam, ± 0,5 km/jam.





Model Tiltrotoar Terbaru





doosan




DX140W-7 dan DX160W-7 dilengkapi dengan mode Tiltrotoar baru di panel kontrol yang dapat digunakan guna memastikan aliran hidraulik dioptimalkan serta membantu memaksimalkan akurasi kerja Tiltrotoar dengan menghilangkan tekanan balik.





Fitur ini merupakan mode aliran dua arah khusus, namun dikelola oleh EPOS seperti mode aliran satu arah, dengan pengembalian langsung ke tangki di setiap arah, guna menghindari tekanan balik serta meningkatkan aliran dan kemampuan kontrol.





Fitur standar baru lainnya yakni fungsi Fine Swing yang dimana meminimalkan guncangan pada benda yang diangkat saat memulai atau menghentikan gerakan ayunan excavator, juga untuk meningkatkan kenyamanan operator dengan gerakan halus dan membantu melindungi keselamatan pekerja di sekitar, sementara mencegah kerusakan benda jatuh dari excavator.





Kabin DX140W-7 dan DX160W-7 dilengkapi fitur standar roda kemudi mewah dengan jari-jari dan logo berlapis chrome. Kolom kemudi juga mempunyai desain baru termasuk fungsi teleskopik 80 mm yang memungkinkan operator dapat mendekatkan roda kemudi dan menemukan posisi mengemudi yang optimal.





Fitur lain pada kabin antara lain:





  • Layar Doosan Smart Touch 8 inchi baru yang memberikan lebih banyak informasi dengan layar 30% lebih besar.
  • Audio DAB (sistem hands-free dan Bluetooth).
  • Mulai tanpa kunci /keyless start (Doosan Smart Key) dan kunci/buka kunci pintu jarak jauh.
  • Kursi suspense udara yang dapat disetel sepenuhnya disertai pemanas dan pendingin opsional.
  • Wiper paralel dan desain pedal baru.
  • Peningkatan aliran udara untuk pemanas dan penyejuk udara.
  • Centre High Mounted Stop Light (CHMSL).
  • 9 x lampu kerja LED standar
  • 4 tambahan lampu LED opsional.
  • AVM – Around View Monitor dengan kamera 360 derajat opsional.
  • Deteksi ultrasonic dan rintangan opsional.




Peningkatan Kemampuan Tool Carrier





DX140W-7 menggabungkan counterweight 2,5 ton yang lebih berat sebagai standar dalam konfigurasi monoboom dan articulated boom. DX160W-7 dilengkapi counterweight 2,5 ton sebagai standar namun juga dilengkapi dengan counterweight 3 ton bersifat opsional.





Fitur tersebut berkaitan dengan pengangkatan dan penggalian yang ditingkatkan dibandingkan model generasis ebelumnya. Adanya counterweight 20% lebih berat membuat DX160W-7 cocok untuk pekerjaan dengan attachment yang lebih berat seperti Tiltrotoar.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/alatberat-excavator-doosanindonesia/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Doosan Meluncurkan Generasi Baru Wheeled Excavator"