Mengenal Fungsi Dan Struktur ROPS Canopy Pada Excavator


Excavator adalah alat berat yang dioperasikan dengan tenaga hidrolik yang disediakan oleh mesin diesel yang terletak di sekop atau rantai. Apa itu ekskavator dengan ROPS canopy dan mengapa begitu penting?





Alasannya tentu saja dalam konstruksi membutuhkan alat berat yang dapat memindahkan material dari satu material ke material lainnya. Excavator menjadi alat yang cukup serbaguna karena dapat melakukan pekerjaan konstruksi lainnya.





Standar Keamanan ROPS





Alat berat dirancang untuk melakukan berbagai macam pekerjaan berat dengan risiko tinggi cidera industri. Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional AS (OHSAS) mencatat kejadian di tempat proyek antara tahun 1992 dan 2005.





Bahwa terdapat 1.412 operator tewas ketika alat berat yang mereka operasikan terbalik. Belum lagi lebih dari 10.000 orang menderita luka ringan hingga berat, bahkan berujung cacat tetap.





Melihat fakta tersebut, OHSAS mewajibkan  semua produsen alat berat yang diproduksi di Amerika Serikat untuk lulus serangkaian tes untuk desain struktural alat berat mereka dan berpotensi untuk perlindungan operator sebelum terjadi kecelakaan fatal.





Dengan hasil yang baik sesuai standar yang ditetapkan oleh OHSAS sebelumnya. ROPS canopy itu dapat berkembang menjadi produksi massal dan komersialisasi. Sejak saat itu, standar ini juga diadopsi oleh berbagai produsen alat berat di seluruh dunia.





Apa Itu ROPS Canopy?





ROPS/Rollover Protection Structure adalah struktur pengaman yang paling umum digunakan pada alat berat. ROPS adalah struktur pengaman alat berat yang dapat melindungi operator dari risiko terguling.





ROPS canopy
alaskaexcavators.com




Alat berat sering bekerja di daerah yang curam dan tidak stabil, sehingga sangat sering terjadi alat berat terguling. Komponen ini memiliki fungsi untuk melindungi operator jika terjadi tragedi yang tidak terduga.





Kanopi ROPS ini berada di atas kabin. Desain ROPS adalah sidebar berbentuk tabung yang terbuat dari campuran besi dan baja, yang mampu melindungi operator dari benturan keras ke kabin di kelima sisinya (depan, belakang, kiri, kanan, dan atas).





Desain ROPS canopy harus lulus serangkaian pengujian berat seperti uji guling dan tabrakan suhu rendah, di mana pada suhu rendah struktur logam menjadi lebih rapuh. Sehingga terdapat standar dan sertifikasi khusus untuk menjaganya tetap sesuai.





Pilih ROPS Canopy Bersertifikat ISO





Kabin ROPS kedap suara bersertifikat ISO dan disegel. Jendela profil bawah, kanan dan belakang serta panel depan memberikan visibilitas yang sangat baik ke area kerja tanpa harus terus-menerus condong ke depan.





Jendela depan, samping, dan belakang yang besar memberikan pemandangan luar biasa ke segala arah dari kursi pengemudi. Struktur ROPS menggunakan pilar kabin depan yang sempit untuk menyediakan ruang. pandangan yang lebih luas ke depan.





Plus ROPS canopy dengan pandangan belakang standar dan kamera sisi kanan, operator akan selalu tahu apa yang ada di sekitar excavator. Dengan begitu operator bisa mengendalikan excavator dengan lebih aman dan nyaman.





Tips Mengurangi Biaya Pemeliharaan





ROPS canopy
pexels.com




1. Gabungkan posisi filter untuk mengurangi waktu servis.





2. Filter hidraulik yang ditingkatkan dengan kapasitas penahan kotoran yang lebih besar.





3. Filter oli dan bahan bakar dengan interval servis yang diperpanjang.





4. Filter udara Cat canggih dengan  dua kali lipat kapasitas penahan debu dari filter sebelumnya.





5. Kipas pendingin elektrik berperforma tinggi hanya bekerja saat dibutuhkan dan berputar balik untuk menjaga inti bebas dari endapan.





Sekian ulasan terkait fungsi dan struktur ROPS canopy pada excavator yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga membantu sebagai referensi dalam mengenal komponen-komponen penting pada excavator.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/mengenal-fungsi-dan-struktur-rops-canopy-pada-excavator/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Dan Struktur ROPS Canopy Pada Excavator"