Jenis Dredging Machine Sebagai Kapal Keruk


Dredger atau kapal keruk merupakan jenis kapal yang memiliki peralatan khusus yang diperuntukkan bagi proses pengerukan. Jenis dredging machine ini dibuat agar dapat memenuhi kebutuhan, seperti kebutuhan di pelabuhan, di alur-pelayaran, atau juga untuk kebutuhan di industri lepas pantai yang mana kapal ini akan berfungsi seperti alat-alat levelling yang biasa ada di darat seperti ekskavator ataupun buldoser.





Kapal keruk biasa melakukan operasi di laut dan mempunyai lambung kapal yang sangat mirip dengan kapal-kapal yang biasa digunakan untuk pelayaran samudra. Kapal ini pun memiliki baling-baling sendiri yang dilengkapi dengan perlengkapan pengerukan hidraulis. Perlengkapan pengerukan hidraulis adalah pembongkaran dari material yang pengerukan nya dimasukkan ke dalam penampung untuk dapat dikirim ke tempat pembuangan.





Beberapa diantara jenis dredging machine memiliki fungsinya masing-masing yang difungsikan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis kapal keruk.





Jenis Dredging Machine : Suction Dredgers





Suction dredgers merupakan kapal keruk penghisap yang beroperasi dengan menghisap material melalui pipa panjang yang menyerupai vacuum cleaner. Terdapat beberapa tipe dari jenis ini.





Trailing Suction Hopper Dredger, Jenis Dredging Machine





Disingkat TSHD, tipe ini ketika pekerjaannya akan menyeret pipa penghisap dan kemudian mengisi material yang diisap tersebut ke dalam satu atau beberapa penampungan yang disebut hopper yang ada di dalam kapal. Kemudian, apabila penampung sudah penuh maka TSHD akan melakukan pelayaran menuju lokasi pembuangan untuk membuang material tersebut melalui pintu yang ada pada bagian bawah kapal atau dengan cara memompa material yang ada keluar kapal.





Di Indonesia sendiri, tipe dari jenis dredging machine ini dimiliki PT Pengerukan Indonesia yang ada di Halmahera dan irian jaya. Dan tipe ini digunakan untuk melakukan maintenance dredging yang ada di pelabuhan pelabuhan di seluruh Indonesia.





Cutter-Suction Dredger





Disingkat CSD, tebak ini merupakan tabung pengisap yang memiliki kepala pemotong pada bagian pintu masuk. Dan biasanya, bagian kepala pemotong ini dapat digunakan untuk beberapa material keras seperti batu atau kerikil.





Material hasil pengerukan akan diisap oleh pompa penghisap sentrifugal dan kemudian akan dikeluarkan melalui tongkang atau pipa. CSD ini belakangan telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir yang digunakan untuk pemotongan batu namun juga untuk peledakan.





Tipe ini memiliki 2 buah spud can pada bagian belakang disertai dengan dua jangkar yang ada pada bagian depan yang ada di kiri dan kanan. Spud can ini dapat berguna sebagai poros bergerak dengan dua jangkar yang digunakan untuk menarik ke arah kiri atau kanan.





Bucket Dredger





Jika ditanya tentang jenis dredging machine tertua dari kapal keruk, maka bucket dredger jawabannya. Jenis kapal ini biasanya dilengkapi dengan beberapa alat seperti bucket ataupun timba yang akan bergerak secara simultan untuk dapat mengangkat sedimen dari dasar air. Adapun tipe lain dari jenis ini adalah Bucket Wheel Dredger.





Bahkan, beberapa jenis bucket dredger cukup kuat untuk dapat mengeruk serta mengangkat karang untuk membuat alur pelayaran.





Backhoe Dredger





jenis dredging machine
www.kapalaku.com




Jenis kapal keruk ini memiliki backhoe atau yang seperti excavator. Biasanya jenis kapal keruk ini memiliki 3 buah spudcan atau tiang yang memiliki fungsi sebagai pengganti jangkar.





Water Injection Dredger





Untuk mengikat sedimen, water injection dredger akan menembakkan air dari dalam sebuah jet kecil dengan tekanan yang rendah yang kemudian akan didorong oleh arus dengan gaya berat keluar dari lokasi pengerukan. Jenis ini biasa digunakan untuk maintenance dredging yang ada di pelabuhan.





Itulah beberapa jenis dredging machine yang biasa digunakan untuk keperluan kapal keruk di pelabuhan atau di laut lepas. Dredging machine telah digunakan dalam berbagai proyek konstruksi berbagai sektor di Indonesia dan telah berhasil membantu setiap proyek untuk menghasilkan pekerjaan yang maksimal.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/jenis-dredging-machine-sebagai-kapal-keruk/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Jenis Dredging Machine Sebagai Kapal Keruk"