Pengertian, Fungsi Berikut Cara Kerja Alat Berat Clamshell Untuk Konstruksi


Jika Anda berbicara tentang alat berat dan hal pertama yang terlintas dalam pikiran hanya excavator, maka Anda perlu tahu lebih banyak tentang alat berat misalnya alat berat clamshell. Anda bisa menemukan alat ini di lokasi konstruksi jalan atau bahkan area pertambangan.





Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang juga mengiringi perkembangan alat berat secara keseluruhan. Beragam alat baru dengan fungsi yang berbeda terus hadir untuk memudahkan proses konstruksi.





Mengenal Apa Itu Alat Berat Clamshell Untuk Konstruksi





Ada banyak jenis alat berat, serta suku cadang untuk alat berat termasuk salah satunya clamshell. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan lengkap tentang clamshell tersebut di bawah ini.





Pengertian Dan Fungsi Alat Berat Clamshell





Alat berat clamshell adalah alat berat sejenis tali derek dan digunakan untuk mengangkut material. Mesin ini digunakan untuk mengerjakan material curah seperti pasir, kerikil, lumpur, dan lainnya. Operasi terdiri dari mengisi ember, mengangkatnya secara vertikal.





Kemudian alat ini akan mengangkutnya ke lokasi yang diinginkan di mana lalu akan dibuang ke kendaraan lain atau disimpan. Bucket clamshell sendiri memiliki banyak ukuran dan tersedia dalam dua jenis yaitu bucket berat dan bucket ringan.





Bucket berat biasanya digunakan untuk menggali dan dilengkapi dengan gigi yang dapat dilepas. Sedangkan ember ringan adalah ember yang digunakan untuk mengangkat material ringan. Oleh karena itu, alat ini tidak dipasang gigi-gigi.





alat berat clamshell
junaidawally.blogspot.com




Kapasitas bucket pada clamshell bucket dibagi menjadi 3 ukuran, yaitu water level capacity, plate line capacity dan juga heaped capacity. Water level capacity adalah ember dengan kapasitas yang memungkinkan ember mengapung di permukaan air.





Adapun kapasitas plate line adalah ember yang dapat diisi secara merata dalam garis lurus di sepanjang bagian atas perumahan. Terakhir kapasitas heaped adalah ember dengan volume dan akumulasi yang cukup.





Saat menggunakan bucket clamshell, Anda harus memperhatikan bahwa proses penggalian dan pengangkutan sangat bergantung pada beban ember dan kapasitasnya. Selain itu, jangkauan pegangan tergantung pada panjang boom.





Jika Anda ingin memaksimalkan daya angkat, Anda harus menjaga boom sesingkat mungkin untuk menjaga stabilitas alat berat. Sehingga fungsinya bisa dimaksimalkan dengan baik untuk berbagai kebutuhan konstruksi.





Cara Kerja Alat Berat Clamshell Untuk Konstruksi





Bucket clamshell adalah alat penggali yang mirip dengan tali derek karena Anda hanya perlu mengganti ember. Clamshell terutama digunakan untuk pengolahan bahan curah, seperti pasir, kerikil, lumpur dan material konstruksi lainnya.





Batu pecah dan batu bara juga dapat diangkut dalam jumlah besar dengan grab ini. Alat berat Clamshell bekerja dengan mengisi ember, mengangkatnya secara vertikal ke atas, kemudian memutarnya dan mengangkutnya ke posisi yang diinginkan di sekitarnya.





Kemudian meterial tersebut akan dibuang ke truk atau kendaraan lain, atau sekadar disimpan. Karena metode pengangkatan dan pembongkaran vertikal, bucket clamshell cocok untuk pekerjaan pengisian pada hopper yang lebih tinggi.





Baca Juga : Mengenal Alat Berat Telehandler dan Fungsinya di Bidang Konstruksi





Berat ember sangat mempengaruhi kemampuan menggali clamshell. Misalnya, ember berat dapat menggali tanah yang cukup keras kecuali jika substratnya dipadatkan, tetapi berat ember meningkatkan beban, mengurangi kegunaannya.





Bucket ringan dapat bekerja lebih cepat tetapi tidak mampu menggali tanah yang keras dan akan cepat pecah jika ditekan. Kemudian dapat digunakan dengan ember sedang atau ember serbaguna yang biasa digunakan.





Sekian ulasan terkait pengertian, fungsi berikut cara kerja alat berat clamshell untuk konstruksi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk mendapatkan alat berat yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/pengertian-fungsi-berikut-cara-kerja-alat-berat-clamshell-untuk-konstruksi/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi Berikut Cara Kerja Alat Berat Clamshell Untuk Konstruksi"