Alat Transportasi : Angkutan Individu

Alat Transportasi : Evolusi Angkutan Individu

Alat Transportasi : Taksi

Alat Transportasi Umum : Taksi
Angkutan individu biasanya terdiri dari ojek, taksi, dan becak. Secara umum, ketiga jenis moda tersebut ada di hampir seluruh kota di Indonesia, kecuali moda taksi.

Dilihat dari atribut jarak, kecepatan, sifat pelayanan (door-to-door), tarif, dan tinjauan terhadap tingkat keselamatan, dari ketiga moda tersebut secara kualitatif dapat dilihat bahwa ternyata kinerja ojek memiliki kelebihan dari aspek kecepatan dan ketersediaannya (door-to-door).

Saat ini hampir semua wilayah perkotaan, telah dilayani oleh ojek. Ojek menjadi masalah karena tidak memiliki legalitas sesuai dengan UU 22/2009 tentang LLAJ, namun demikian kebutuhan masyarakat akan pergerakan yang cepat, door-to-door service, dan kebutuhan akan pelayanan transportasi pada jalan-jalan yang sempit, memaksa penggunaan ojek. Di kota-kota megapolitan layaknya Jakarta, ternyata jasa ojek sangat dibutuhkan karena dapat lewat di sela-sela kemacetan kota

Kebutuhan angkutan individu ke depan tetap dibutuhkan oleh masyarakat, untuk itulah maka peran taksi akan ditingkatkan. Moda taksi diharapkan dapat menjadi moda utama angkutan individu di daerah pusat kota dan di wilayah perkotaan pada umumnya, khususnya kota metropolitan, kota besar, dan kota menengah. Peran ojek akan dibatasi pada wilayah dimana kebutuhan moda transportasi belum terlayani, khususnya pada jalan-jalan sempit (rat-run) kawasan perkotaan, tidak melayani trayek angkutan umum lingkungan (ang-ling), angkutan bus, sistem transit dan BRT.

Sistem Transportasi : Becak

Becak Indonesia

Angkutan Lingkungan

Angkutan Lingkungan (Ang-Ling) Ang-Ling dikembangkan untuk mengatasi kebutuhan perjalanan jarak pendek, yang saat ini dirasakan sangat mahal. Ang-Ling diharapkan menjadi pengganti angkutan ojek pada wilayah tertentu. Pelayanan Ang-Ling dilakukan untuk memudahkan aksesibilitas ke/dari kawasan perumahan (Origin) dan sekitar kawasan tujuan perjalanan (Destination). 

Alat Transportasi Individu : Ojeg

Ciri Pelayanan Ang-Ling adalah :

Rute terjadwal, tetapi bisa berupa trayek yang fleksibel, seperti taksi atau ride-sharing
Waktu Operasi : sepanjang hari
Pemberhentian : sangat sering, bahkan bisa di setiap blok kawasan

BENTOR HALMAHERA

Jenis kendaraan :

Kecil, emisi rendah, kebisingan rendah
Dapat beroperasi di kawasan perumahan, perkampungan atau jalan arteri sekunder
Mudah melakukan naik-turun
Kendaraan dan tempat hentinya mempunyai kesan khusus yang kuat, jika pelayanannya non regular atau jarang diperlukan pelayanan yang mudah dikenal

Demikianlah sedikit pembahasan tentang Alat Transportasi : Evolusi Angkutan Individu  semoga bermanfaat. Jika ada yang salah mohon diberikan komentar dibawah ini.
 
 
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Transportasi  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
  2. Alat Transportasi
  3. Bus Rapid Transit-Busway - New !!
  4. Jalan Baja : Rel Kereta Api
  5. Jalan Tol Pertama di Indonesia
  6. Kebijakan Pembangunan Transportasi Indonesia
  7. Kenapa Butuh Perencanaan Jalan Raya
  8. Kereta Api Perkotaan Indonesia - New !!
  9. Konsep Pengelolaan Angkutan Umum Di Perkotaan - New !!
  10. PT. Adhy Karya Pelaksana Jalan Tol Bali.
  11. PT. Hutama Karya pada Proyek Jalan Tol
  12. PT.Waskita Karya Pelaksana Proyek Tol Bali
  13. Panduan Moda Transportasi Indonesia
  14. Pengertian Sistem Transportasi Indonesia
  15. Perbandingan Kereta Api Indonesia China
  16. Proses Evaluasi Angkutan Umum Indonesia - New !!
  17. Proyek Underpass Simpang Dewa Ruci Bali. - New !!
  18. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot Bagian 2 - New !!
  19. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot 1 - New !!
  20. Strategi Kebijakan Transportasi Umum - New !!
  21. Strategi Kebijakan Transportasi Umum 2 - New !!
  22. Transportasi Angkutan Umum Taksi - New !!

Posting Komentar untuk "Alat Transportasi : Angkutan Individu"