Kolaborasi Komatsu dan Honda Ciptakan Inovasi Micro Excavator Tenaga Listrik


Produsen alat berat asal Jepang, Komatsu, akan lakukan inovasi micro excavator bertenaga listrik dengan Honda, sebagai produsen kendaraan kenamaan asal Jepang. Negeri asal dari dua produsen ternama tersebut memang dikenal dengan inovasi teknologi terbarukan yang mampu membantu kinerja manusia dalam kehidupan sehari-hari.





Profil Komatsu





kerjasama




Komatsu adalah produsen alat berat yang berdiri sejak tahun 1917. Selain excavator, Komatsu juga memproduksi alat berat lainnya seperti dump truck, bulldozer, wheel loader, motor grader, dan lain-lain. Komatsu sendiri berhasil mendominasi pasar alat berat kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.





Perusahaan ini memiliki tujuan untuk menciptakan nilai melalui manufaktur dan inovasi teknologi yang memberdayakan masa depan yang berkelanjutan dimana manusia, bisnis dan semesta yang kita tinggali dapat berkembang dengan selaras.





Komatsu dalam sejarahnya telah menjalani satu abad dengan mengatasi tantangan dan “inovasi manufaktur dan teknologi”, juga telah menjadi inti dari seluruh hal yang dilakukan oleh Komatsu. Perusahaan asal Jepang yang kini menginjak tahun ke-100 berkiprah di pasar global terus menjunjung tinggi semangat yang ada dan terus menciptakan nilai bersama dengan para mitra.





Selain itu, Komatsu dengan semangat yang ada memiliki cita-cita untuk membantu menciptakan masa depan dimana orang-orang dapat menjalani kehidupan yang aman, sehat dan damai dalam harmoni yang memungkinkan kita semua untuk berkembang bersama.





Profil Honda





kerjasama




Honda atau Hondasi Motor Company, Ltd. merupakan produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang. Selain itu, Honda juga membuat kendaraan segala medan atau ATV, generator listrik, mesin kelautan serta peralatan taman.





Honda didirikan pada tanggal 30 September 1948 oleh Soichiro Honda dan menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak tahun 1959. Selain itu, perusahaan yang berpusat di Minato, Tokyo, Jepang ini juga menjadi produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit setiap tahunnya.





Di tahun 2001, Honda berhasil menggeser posisi Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang dan juga menggusur Chrysler sebagai pabrikan mobil terbesar keempat di pasar Amerika Serikat. Saat ini, Honda juga menjadi pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Di tahun 2004, Honda mulai merambah ke produksi motor diesel yang diklaim sangat tenang tanpa penyaring untuk melewati standar polusi.





Di Indonesia, Honda menjadi salah satu merk favorit dalam kelas motor dan mobil dengan didirikannya PT Astra Honda Motor untuk penjualan motor dan PT Honda Prospect Motor di kelas mobil. Honda di Indonesia menorehkan prestasi yang cemerlang dengan mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi dan menjadi merk favorit masyarakat dengan kualitas dan harga yang bersaing.





Komatsu dan Honda Kembangkan Micro Excavator Tenaga Listrik





Komatsu dan Honda sepakat mengembangkan produk-produk yang berkontribusi dalam mengurangi dampak lingkungan. Saat ini, Honda telah mengembangkan rangkaian produk-produk yang ditenagai oleh Honda MPP.





Pada 10 Juni 2021 lalu, Komatsu mengumumkan dimulainya pengembangan bersama mesin-mesin Micro Electric Excavator Komatsu PC01 dengan tenaga baterai Honda Mobile Power Pack atau Honda MPP dan pembentukan Sistem Berbagi Baterai (Battery-Sharing System) pada industri-industri teknik, sipil dan konstruksi.





Berdasar pada perjanjian pengembangan bersama, kedua pihak akan mengalirkan tenaga listrik pada micro excavator PC01 Komatsu dilengkapi dengan MPP Honda serta unit daya listrik (eGX). Umumnya, mesin jenis tersebut digunakan sangat dekat dengan lingkungan manusia, pepohonan dan bunga-bunga dalam pengerjaan pemasangan pipa, pertanian, perkebunan, peternakan dan sejenisnya. Rencananya, Komatsu akan meluncurkan micro excavator tenaga listrik PC01 pada akhir tahun ini.





Komatsu PC01 Tenaga Listrik





kerjasama




Dengan penggunaan tenaga listrik, alat berat excavator ini diklaim memiliki level kebisingan yang berkurang dengan signifikan serta dapat bekerja baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Selain itu, MPP Honda memberi penawaran keuntungan penggunaan mesin listrik secara terus-menerus tanpa perlu mengisi ulang baterai.





Pihak Komatsu dan Honda berencana akan melakukan uji verifikasi guna meningkatkan kenyamanan peralatan konstruksi listrik ini dengan memasok MPP Honda ke lokasi-lokasi teknik sipil dan konstruksi, serta menawarkan layanan purna jual, termasuk sistem penggantian baterai. Kegiatan tersebut dilakukan setelah peluncuran PC01.





Di masa mendatang, para mitra tidak hanya mengembangkan elektrifikasi bersama-sama untuk micro excavator tenaga listrik dan mesin-mesin mini excavator lainnya hingga kelas 1 ton, namun juga mengadakan studi-studi bersama mengenai elektrifikasi berbasis MPP Honda yang diterapkan pada berbagai peralatan yang digunakan di lokasi-lokasi pekerjaan teknik sipil dan konstruksi, serta peluncuran bisnis di luar negeri.





Adanya pengembangan mesin-mesin mini excavator dengan tenaga listrik ini bukan hal yang baru untuk Komatsu. Di tahun 2008 silam, Komatsu telah memperkenalkan mesin hybrid hydraulic excavator ke pasar disertai dengan peluncuran mini electric excavator jenis PC03E-5 dengan penggerak hidraulik yang menyasar pasar rental di Jepang pada bulan April tahun 2020 silam.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/exacator-tenagalistrik-komatsupc01/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Kolaborasi Komatsu dan Honda Ciptakan Inovasi Micro Excavator Tenaga Listrik"