Wheeled Excavator, Alat Berat Hitachi dengan Komponen yang Unggul


Mendengar kata excavator tentunya ingatan akan tertuju pada alat berat yang biasanya digunakan pada konstruksi. Kegunaannya adalah untuk menggali dan memuat tanah ke truk pengangkut. Alat lain yang kerap dianggap sama kerap disebut  dengan beko dan memiliki bucket di bagian belakang.





Excavator bergerak dengan sistem hidrolik, salah satunya alat berat Hitachi. Ukurannya beragam sehingga menjadi pembeda harga belinya. Terdapat excavator mini hingga yang besar dan kerap digunakan untuk pertambangan. Pekerjaan dalam konstruksi akan lebih efisien dengan adanya excavator jika dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia secara manual.





Alat ini bekerja sesuai dengan medannya dan lebih efisien. Namun yang perlu diingat adalah suatu ukuran atau jenis excavator belum tentu cocok untuk semua medan.





Bagian Utama, Jenis dan Fungsi Excavator





hexindo_tbk.com




Sebuah excavator umumnya memiliki tiga bagian yaitu work equipment, upper structure dan juga lower structure. Masing-masing bagian memiliki fungsi yang berbeda misalnya bagian upper structure yang merupakan bagian dengan kabin operator, mesin dan lainnya. Sedangkan lower structure yang berada di bawah merupakan trik atau rangkaian mekanik dan berfungsi sebagai penggerak di atas tanah.





Terdapat dua jenis excavator yaitu yang menggunakan ban atau roda seperti kendaraan pada umumnya. Jenis ini umumnya bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya cukup jauh. Biasanya jenis ini disebut dengan wheeled excavator dan cocok digunakan di area perkotaan atau perumahan karena pergerakannya yang stabil tidak merusak jalan.





Sedangkan jenis yang satu lagi adalah crawler track. Jenis ini merupakan excavator yang dapat digunakan di area yang berlumpur permukaan tanah tidak merata atau perbukitan yang curam dan terjal. Karena banyaknya luasan yang bersentuhan dengan tanah maka pijakan kaki pada alat ini benar-benar akan mencengkeram tanah.





Dibalik kelebihannya jenis crawler tentunya memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan wheel. Alat ini tidak bisa berjalan seperti kendaraan lainnya di jalanan umum. Jenis ini harus diangkut menggunakan trailer jika berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan jarak yang lebih jauh. Hal ini karena crawler hanya dapat berjalan maksimal 20 mill per jam.





Beberapa kemampuan atau fungsi dari alat berat antara lain:





1. Menggali mengeruk dan mengangkat berbagai macam material seperti lumpur bebatuan dan tanah





2. Mengeruk lumpur atau sedimentasi di sungai di daerah tepian dermaga atau di danau





3. Menggali parit atau saluran air lainnya





4. Meratakan dan memadatkan tanah





5. Membongkar atau menghancurkan material





6. Membuat lubang besar seperti untuk melancarkan tiang pancang atau batang pondasi





7. Dapat membantu pekerjaan yang berkaitan dengan aktivitas pertambangan dan kehutanan.





Sebenarnya fungsi dari excavator tergantung pada jenisnya. Tidak semua jenis pekerjaan dapat ditangani oleh satu unit alat penggali. Jenis alat penggali lainnya hadir dengan spesifikasi pekerjaan berbeda. Sehingga Anda perlu memilih yang paling sesuai dengan kondisi dan spesifikasi pekerjaan.





Wheeled Excavator Unggulan dari Hitachi





truck1.eu




Seperti diketahui bahwa Hitachi merupakan salah satu brand yang yang memiliki produk unggulan seperti excavator dengan berbagai jenis. Alat berat Hitachi dilengkapi dengan komponen berkualitas agar dapat membantu menyelesaikan pekerjaan sehingga lebih efektif. Semua ini mah adapun kelebihannya adalah dapat berjalan dengan cepat dan mudah untuk bergerak di beton. Namun tidak dianjurkan digunakan untuk medan berbukit atau berlumpur karena hasilnya akan kurang maksimal. Medan yang cocok adalah aspal atau beton.





Ban karet yang ada pada wheeled excavator memiliki daya cengkram lebih baik pada permukaan jalan. Jenis ini lahir dari kebutuhan alat gali yang dapat melakukan pekerjaan bersifat mobile. Diharapkan dapat berjalan sendiri tanpa harus menggunakan trailer namun tetap multifungsi. Alat berat Hitachiini dapat melakukan pekerjaan yang dilakukan excavator jenis konvensional seperti membuat parit menggali menimbun dan meratakan material.





Itulah sekilas pembahasan mengenai alat berat Hitachi jenis wheeled excavator dan juga fungsinya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin menambah informasi mengenai alat berat.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/wheeled-excavator-alat-berat-hitachi-dengan-komponen-yang-unggul/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Wheeled Excavator, Alat Berat Hitachi dengan Komponen yang Unggul"