Cara Dalam Sistem Perbaikan Hidraulik Pada Boom Cylinder Excavator PC 200


Tak bisa dipungkiri bahwa alat berat seperti excavator juga kerap kali mengalami kerusakan tertentu, baik diakibatkan oleh faktor internal maupun eksternal. Sehingga menjaga serta merawat dan melakukan perbaikan pada setiap komponen merupakan cara paling mudah untuk membuat excavator tetap berfungsi dengan tepat.





Apa Itu Boom Cylinder?





Cylinder boom merupakan aktuator hidrolik yang biasanya terdapat pada bagian boom dengan fungsi untuk menggerakkan naik turun. Selain itu, cylinder boom juga diartikan sebagai salah satu komponen dari front attachment excavator dengan fungsi utama untuk menggerakkan bucket dalam posisi maksimal dengan memanfaatkan oli hidrolik.





Boom cylinder akan mengalami kondisi penurunan performa apabila terdapat masalah dan kerusakan pada beberapa komponennya. Biasanya gangguan kinerja pada cylinder boom ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti:





  • Kontaminasi yang terjadi pada komponen cylinder boom
  • Mengalami kebocoran pada bagian internal maipun eksternal
  • Mengalami overheat pada bagian komponen di cylinder boom




Adapun penyebab dari berbagai kerusakan yang terjadi pada cylinder boom yaitu dikarenakan beberapa faktor seperti medan kerja yang terlalu curam, penggunaan unit operator dan juga berbagai faktor lainnya. Masalah kerusakan yang terjadi pada boom cylinder tersebut bisa dikurangi dengan berbagai penanganan yang tepat.





Adapun penanganan yang dimaksud yaitu seperti penyesuaian kapasitas, melakukan perawatan yang tepat pada setiap komponennya dan melakukan pembersihan pada bagian sistem. Dengan perawatan secara berkala, maka segala kerusakan bisa diminimalisir.





Langkah Dalam Sistem Perbaikan Hidraulik Pada Boom Cylinder Excavator PC 200





Setiap pemilik excavator memang harus melakukan perbaikan hidrolik pada cylinder boom untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan. Adapun beberapa langkah dalam sistem perbaikan hidrolik pada cylinder boom adalah sebagai berikut.





Melepaskan Semua Bagian Pada Boom Cylinder





Ketika akan melakukan proses pengecekan pada sistem hidraulik untuk memastikan bahwa ada kebocoran atau tidak pada bagian boom cylinder, maka Anda juga harus melakukan pengecekan pada bagian dalam. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan melepas bagian-bagian dari cylinder boom untuk bisa diganti jika terdapat kerusakan.





Melakukan Pengecekan Pada Piston Rod





Goresan yang terus-menerus terjadi pada piston rod ternyata juga bisa menyebabkan kebocoran pada bagian boom cylinder. Untuk itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan pada bagian piston rod untuk mengetahui apakah terdapat goresan yang cukup parah atau tidak.





Dengan begitu, maka pemilik excavator bisa langsung melakukan tindakan seperti melakukan perbaikan piston rod dengan membersihkannya agar goresan yang terjadi pada pisang tersebut menjadi hilang. Apabila hal ini selalu dilakukan, maka kerusakan pada cylinder rod akan sangat sulit terjadi.





Melakukan Pengecekan O-ring dan Seal Pada Boom Cylinder





O-ring dan seal adalah perantara antara dinding cylinder dengan piston hidraulik serta menjadi media yang akan mengalami kontak secara langsung dengan dinding cylinder. Untuk itu, Anda juga harus melakukan pengecekan pada O-ring dan seal.





Memasang Boom Cylinder





boom cylinder
arparts.id




Apabila beberapa pengecekan di atas sudah dilakukan dengan tepat, maka dilanjutkan dengan memasang kembali cylinder boom. Namun sebelum pemasangan dilakukan, maka pastikan bahwa segala sesuatunya sudah kondisi baik-baik saja.





Demikianlah beberapa informasi seputar boom cylinder yang perlu Anda ketahui. Sama seperti komponen lainnya di excavator, cylinder boom juga rentan terhadap potensi kerusakan sehingga membutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra. Sebab jika sampai terjadi kerusakan, maka akan menghambat proyek yang sedang dijalankan.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/cara-dalam-sistem-perbaikan-hidraulik-pada-boom-cylinder-excavator-pc-200/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Cara Dalam Sistem Perbaikan Hidraulik Pada Boom Cylinder Excavator PC 200"