Tipe Feller Buncher yang Sering Digunakan Bidang Kehutanan


Bidang kehutanan menjadi salah satu pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan tenaga manual. Untuk menyelesaikannya maka diperlukan alat berat khusus yang bisa membantu pekerjaan terutama dalam menebang kayu salah satunya bernama feller buncher. Tipe feller buncher yang ada sudah sering digunakan di Indonesia terutama di kehutanan.





Hal ini bisa memberikan kemudahan bagi pekerjaan di bidang kehutanan dengan berbagai deskripsi yang dimiliki oleh masing-masing tipe. Kapasitas dan komponen penyusunnya cukup berpengaruh terhadap hasil pekerjaan yang bisa diperoleh. Namun secara umum tujuan dan fungsinya tetap sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan perkayuan.





3 Jenis Tipe Feller Buncher





Kebutuhan terhadap kayu di Indonesia tentu sangatlah banyak dan tersebar hingga ke seluruh daerah. Untuk mengimbangi kebutuhan tersebut maka diperlukan bantuan alat khusus agar proses pengerjaannya bisa lebih cepat. Menebang pohon untuk mendapatkan manfaatnya bisa dilakukan dengan efektif dan efisien menggunakan alat ini.





tipe feller buncher
www.foresteract.com




Bahkan beberapa fungsi lain seperti untuk membuka lahan dan sejenisnya bisa dilakukan dengan menggunakan alat ini. Ada beberapa tipe yang bisa Anda gunakan dan sudah cukup sering dipilih di bidang kehutanan.





1. Full Tail Swing





Untuk tipe feller buncher yang satu ini dapat dikatakan sebagai alat berat yang memiliki jangkauan yang paling jauh. Jika dibandingkan dengan tipe lainnya tipe ini lebih bisa digunakan untuk menjangkau area yang cukup sulit untuk dijangkau oleh alat biasa. Komponen yang dimilikinya sudah dibuat sedemikian rupa agar memiliki jangkauan yang paling jauh.





Terdapat komponen yang dinamakan head yang dipasang pada bagian boom. Hal ini dapat membantu menambah jangkauan dari alat tersebut sehingga bisa lebih jauh. Beberapa pohon atau kayu yang berada di area yang cukup sulit dijangkau bisa tetap ditebang dan diperoleh manfaatnya dengan bantuan alat ini.





2. Tipe Feller Buncher Zero Tail Swing





Tipe feller buncher berikutnya ini kebalikan dari tipe sebelumnya yang memiliki jangkauan yang cukup jauh. Pada tipe ini justru jangkauannya lebih terbatas sehingga hanya bisa melakukan pekerjaan dengan objek yang sangat dekat. Dibandingkan dengan alat lainnya jenis ini bersifat lebih terbatas untuk bisa menjangkau objeknya.





Bagian head pada tipe ini dipasang langsung pada bagian chassis sehingga jangkauannya cukup terbatas. Namun meski begitu objek yang dimaksud bisa dikerjakan dengan cukup maksimal dengan hasil yang efektif. Jika area yang ingin ditangani cukup datar dan dan mudah dijangkau maka alat ini sangat cocok untuk digunakan.





3. Limited Tail Swing





Limited Tail Swing merupakan salah satu tipe feller buncher yang memiliki jangkauan yang cukup jauh. Dapat dikatakan tipe ini memiliki jangkauan yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu terbatas. Artinya jika diposisikan maka tipe ini berada di posisi pertengahan dari segi jangkauan yang bisa diraihnya.





Pada bagian ini terdapat komponen Swift Head yang dipasang pada bagian boom. Hal ini sangat memungkinkan alat tersebut untuk menjangkau objek yang diinginkannya meskipun tidak terlalu jauh. Meski begitu, setiap pekerjaan yang dilakukan oleh alat ini tetap bisa menghasilkan kayu yang sesuai dan memenuhi kebutuhan.





Itulah penjelasan mengenai beberapa tipe feller buncher yang merupakan alat berat untuk penebangan kayu sekaligus mengangkut material tersebut. Dalam dunia kehutanan alat ini sangat membantu karena dapat menggantikan 10 hingga 15 orang penebang pohon. Anda bisa menggunakan alat ini untuk kebutuhan yang sama di bidang kehutanan agar hasilnya lebih efektif.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/tipe-feller-buncher-yang-sering-digunakan-bidang-kehutanan/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Tipe Feller Buncher yang Sering Digunakan Bidang Kehutanan"