Mengenali Jenis Bucket Excavator


Ada beberapa jenis bucket excavator. Alat ini tentunya sebaiknya digunakan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya.





Salah satu jenis alat berat yang biasa digunakan untuk di situs konstruksi adalah excavator. Dilengkapi dengan lengan dan pengeruk, arm dan boom ini juga biasa disebut dengan bucket.





Alat serbaguna ini, tidak saja biasa digunakan untuk memindahkan satu material ke tempat lainnya. Excavator juga banyak digunakan untuk meratakan permukaan tanah, menghancurkan gedung, atau membuat galian.





Jenis Bucket Excavator yang Wajib Diketahui





Jenis excavator itu sendiri beragam, begitu juga dengan bucket-nya. Apa saja jenisnya, cek di bawah ini.





Standard Bucket Excavator





Jenis bucket excavator yang pertama adalah standard bucket. Jenis bucket ini adalah attachment atau bawaan yang melekat langsung di excavator.





Standard bucket terbuat dari lempeng baja yang bagian tepi cukup tajam. Manfaat dari ketajaman tepian bucket ini, untuk memudahkan proses penggalian dan pengangkatan material.





Umumnya, standard bucket memiliki ruang yang cukup luas untuk mengangkut berbagai macam batuan. Begitu juga ketika digunakan untuk menggali tanah, baik untuk irigasi maupun saluran, dan membantu pekerjaan lainnya.





Skeleton Bucket Excavator





Jenis yang kedua adalah skeleton bucket, bentuknya mirip dengan standard bucket. Untuk membedakannya, pada skeleton terdapat lubang-lubang yang memanjang di seluruh bagian bucket.





Lubang tersebut berfungsi mengeluarkan bebatuan kecil, agar tidak terangkut bersamaan dengan bebatuan besar lainnya. Skeleton bucket banyak digunakan ketika excavator digunakan mengangkut bebatuan atau pengangkutan material berukuran besar.





Slope Finishing Bucket Excavator





Jenis bucket excavator berikutnya adalah slope finishing bucket. Dibandingkan dengan bucket lainnya, bagian bawah slope finishing lebih rata, tetapi lebar.





Sesuai dengan namanya, bucket ini banyak digunakan untuk proses meratakan permukaan tanah. Biasanya excavator dengan bucket ini digunakan baik untuk proyek jalan, kanal, tepian sungai, hingga wilayah-wilayah di kaki bukit.





Ripper Bucket Excavator





Bucket excavator keempat adalah ripper bucket. Bentuk bucket ini menyerupai gigi atau seperti kuku panjang. Umumnya ripper bucket digunakan untuk menggali material yang sangat keras dan dengan penetrasi yang dalam. Misalnya, tanah dengan bebatuan besar atau untuk penggalian jenis tanah liat yang cenderung sulit digali.





Ada beberapa jenis ripper bucket, yang bisa dibedakan untuk penggunaannya, yaitu single ripper, double ripper, dan multi ripper. Single ripper difungsikan untuk menyiapkan lahan yang hendak digali, terutama pada lokasi bebatuan. Bucket ini juga kerap digunakan untuk mencabut akar batang pohon, yang kuat dan besar.





Sementara multi ripper, memiliki dua gigi, yang akan lebih efektif bila digunakan menggali bebatuan di bagian lereng, juga mencabut akar batang pohon, hingga menghancurkan dan mengangkat fondasi dari beton.





Trapezoid Bucket Excavator





Jenis bucket excavator kelima adalah trapezoid bucket, yang banyak digunakan dalam pembangunan saluran irigasi ataupun kanal. Bentuk bucket ini berbentuk seperti huruf V besar, yang dapat difungsikan dalam pembuatan saluran air atau jalan pemasangan pipa saluran.





Untuk bagian bawah trapezoid bucket, biasanya digunakan untuk menambah kedalaman penggalian. Sementara bagian samping kiri dan kanan, bisa digunakan untuk menambah kelebaran lahan.





Ditch Cleaning Bucket Excavator





Ditch cleaning bucket adalah jenis bucket lainnya yang biasanya digunakan untuk kegiatan pembersihan sungai atau mengeruk endapan lumpur, maupun sedimen di dasar sungai.





Bentuk ditch cleaning bucket lebih lebar dan luas, dibandingkan bucket lainnya. Gunanya tentu saja untuk menampung material dari dasar sungai. Namun pada bagian bawahnya dan kedua sisinya, terdapat beberapa lubang, yang berfungsi mengeluarkan air yang ikut terangkut saat proses pengerukan dilakukan.





Hammer / Breaker Bucket Excavator





Varian lainnya adalah hammer atau breaker bucket yang memiliki bentuk seperti mata bor, dengan ujung runcing. Bucket dipasang pada excavator apabila akan digunakan untuk memecah beton, batu, atau jenis material keras lainnya di dalam tanah.





Hammer bucket juga dapat difungsikan pada struktur keras seperti beton, lereng bendungan, bebatuan, dan jenis struktur keras lainnya.





Nah, itu dia tujuh jenis bucket excavator yang perlu Anda ketahui. Masih ada beberapa jenis lainnya, yang juga banyak digunakan pada areal pertambangan. Kali lain, kami akan menjelaskannya pada Anda.





Semoga bermanfaat.



class = "fb-comments"
data-href = "https://belajar-ilmu-sipil.blogspot.com/mengenali-jenis-bucket-excavator/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Mengenali Jenis Bucket Excavator"