Mengenal Lebih Dalam Upper Structure Excavator


Banyak komponen di dalam excavator dan salah satunya adalah upper structure. Pada bagian ini, terdapat berbagai komponen yang sangat penting untuk mendukung kinerja excavator.





Dikenal sebagai salah satu alat berat yang digunakan untuk memindahkan material, excavator banyak digunakan, terutama pada pekerjaan konstruksi juga pertambangan. Dengan penggunaan excavator pekerjaan yang sulit dikerjakan manusia bisa dikerjakan dengan lebih mudah.





Cara kerja excavator sendiri yaitu dengan cara berputar, di bagian atasnya, yaitu pada sumbu vertikal yang berada di antara sistem roda-rodanya.





Excavator sendiri memiliki tiga bagian utama, yaitu: revolving unit (bagian atas yang dapat berputar), travelling unit (bagian bawah untuk berpindah tempat), juga attachment (bagian-bagian tambahan).





Komponen Upper Structure Excavator





Sementara komponen excavator juga tidak kalah banyaknya dan salah satunya adalah upper structure. Komponen ini berada di bagian atas excavator. Untuk bagian bawah excavator disebut lower structure.





Di excavator juga dikenal komponen lainnya yaitu attachment. Di mana fungsi attachment pada alat excavator sangat dipengaruhi oleh kondisi serta gerakan dari upper structure itu sendiri.





Adapun pemisah dari keduanya adalah swing gear. Kemudian pada upper structure ini terdapat cabin, arm, bucket, engine, motor swing, boom, juga silinder, di mana semua proses kerjanya diatur di upper structure.





Cabin





Komponen yang terdapat pada upper structure excavator pertama adalah cabin. Ini adalah ruang pengoperasian dan pengendalian excavator yang ditempati oleh operator. Ukuran cabin biasanya hanya didesain untuk satu orang saja. Di dalamnya akan dilengkapi dengan AC, radio, dan lainnya.





Pada cabin keluaran terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan Vehicle Electronic Control Unit (V-ECU) dan Display Electronic control unit (D-ECU), yang membantu memudahkan tugas operator.





Di dalam cabin juga tersedia sistem kemudian, seperti joystick, yang berfungsi melakukan gerakan maju, mundur (travel), juga mengontrol kerja attachment.





Saat excavator digunakan, cabin akan ditutup rapat, sehingga bisa meredam gangguan atau noise dari luar. Untuk meminimalkan kerusakan, maka orang yang mengisi cabin adalah operator yang memang sudah ahli.





Komponen Upper Structure Excavator – Arm





Komponen penting berikutnya pada upper structure excavator adalah arm. Bentuknya menyerupai lengan panjang yang menyambung pada bucket.





Arm memiliki fungsi untuk mengayunkan bucket, agar bisa menjangkau lebih jauh. Arm juga kerap digunakan untuk menggali lubang atau parit.





Selain arm, Anda juga akan mengenal komponen arm cylinder. Namun keduanya memiliki pengertian yang berbeda.





Motor Swing





Upper structure bisa melakukan gerakan berputar atau swing secara 360 derajat. Sementara pergerakan swing ini, tentunya tidak lepas dari swing system, yaitu dengan menggunakan swing machinery.





Kinerja swing machinery sendiri, bisa mengubah tekanan atau pressure dari main pump menjadi putaran. Di mana putaran tersebut akan direduksi untuk menghasilkan torsi yang besar untuk melakukan gerakan swing.





Bucket





Komponen lainnya yang juga terdapat di upper structure excavator adalah bucket. Bucket serupa wadah atau bak, yang berada di bagian ujung lengan excavator yang memiliki beragam kegunaan, bergantung dari bentuk dan jenisnya.





Jenis bucket cukup beragam, seperti, standard bucket yang merupakan bawaan excavator itu sendiri. Standard bucket bisa mengangkut berbagai macam batuan, menggali tanah untuk irigasi maupun saluran, dan banyak lagi.





Kemudian ada slope finishing bucket yang memiliki bentuk lebih lebar dan datar. Bucket jenis ini bisa digunakan untuk memadatkan permukaan tanah, kanal, tepian sungai, jalan raya, hingga kaki bukit.





Masih ada jenis bucket lainnya, seperti trapezoid bucket, ripper bucket, ditch cleaning, hammer bucket, hingga skeleton bucket, dengan ukuran, bentuk, dan fungsi yang berbeda.





Itu dia penjelasan singkat mengenai upper structure excavator dan komponennya. Semoga bermanfaat.



class = "fb-comments"
data-href = "https://belajar-ilmu-sipil.blogspot.com/mengenal-lebih-dalam-upper-structure-excavator/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Dalam Upper Structure Excavator"