Mengenal dan Mengetahui Kegunaan Alat Berat Feller Buncher


Ketika Anda ingin menebang kayu pastinya membutuhkan alat berat. Dimana dengan menggunakan alat ini, pekerjaan menebang pohon cepat teratasi. Alat untuk menebang ini disebut sebagai feller buncher.





Dimana kegunaan alat ini sangat dimanfaatkan oleh tukang kayu untuk menebang pohon dalam skala besar. Selain itu, dapat meringankan pekerjaan karena alat ini pun dapat mengangkut pohon yang sudah dipotong.





Mengenal Alat Feller Buncher





Alat berat yang digunakan oleh tukang kayu dalam menebang pohon bernama feller buncher. Alat ini dapat memotong dan mengangkut kayu lebih dari 100 batang pohon per jam. Alat yang sangat membantu dalam pertukangan. Bukan hanya dalam dunia pertukangan, alat berat yang satu ini juga sering digunakan dalam beberapa bidang konstruksi.





Kegunaan mesin untuk memotong kayu ini dapat digunakan dalam proses pembangunan untuk membenahi rumah. Dalam bidang konstruksi sendiri, alat ini sering digunakan untuk menebang pepohonan pada area yang akan dijadikan lahan konstruksi.





Berdasarkan cara pengoperasiannya, alat berat ini dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:





  • Tracked feller (Merupakan alat berat yang kinerjanya beroperasi lambat, karena bergerak di tanah yang lembek)
  • Wheeled feller (alat berat yang sang terkondisikan jika berjalan di area dengan kondisi terjal)




Kehadiran alat berat ini dinilai mampu mempermudah berbagai kebutuhan konstruksi sehingga persiapan pra konstruksi bisa selesai lebih cepat. Alat yang dapat memotong dan mampu menjepit material agar tidak jatuh setelah ditebang berkat keberadaan head yang dapat menjaga keseimbangan mesin.





Jenis Alat Berat Feller Buncher





Alat ini dikenal memiliki jenis sesuai dengan jangkauan dimilikinya. Beberapa jenis alat berat ini dapat diklasifikasi menjadi 3 macam:





Alat Berat Zero Tail Swing





Jenis ini merupakan jenis yang diketahui bisa digunakan atau dipasangkan pada chasis. Jenis zero tail swing ini juga diketahui memiliki jangkauan paling kecil dibandingkan dengan jenis lainnya karena ukuran alat yang cenderung lebih kecil.





Alat Berat Limited Tail Swing





Jenis kedua dari feller buncher adalah limited tail swing yang menempati posisi tengah diantara berbagai jenis lainnya. Jenis limited tail swing ini seringkali diterapkan pada boom alat berat lain dan memiliki jangkauan swing lebih jauh dari jenis zero tail swing.





Alat Berat Feller Buncher Jenis Full Tail Swing





Diantara ketiga jenis alat berat yang satu ini, jenis full tail swing menjadi jenis dengan jangkauan yang paling jauh. Serupa dengan jenis limited tail swing, full tail swing juga seringkali diterapkan pada boom alat berat lain seperti excavator.





Feller buncher
loggingon.net




Itulah beberapa informasi mengenai jenis dan pengenalan alat berat yang juga sering digunakan di bidang kehutanan ini. Dalam bidang kehutanan, alat ini menjadi alat yang hampir dimiliki oleh setiap perusahaan karena fungsi utamanya yang bisa membantu menebang pohon dengan hasil yang maksimal.





Seperti disebutkan sebelumnya bahwa dalam dunia konstruksi, alat ini sering digunakan dalam proses pra konstruksi untuk menebang pohon. Beberapa proyek konstruksi memang seringkali dilakukan di area yang masih memiliki cukup banyak pepohonan.





Alat berat feller buncher ini dinilai mampu membuat persiapan pra konstruksi selesai lebih cepat dengan hasil yang cukup rapi. Bukan hanya memiliki fungsi yang cukup banyak dibutuhkan di dunia konstruksi, namun alat berat ini juga termasuk alat berat yang perawatannya tidak terlalu sulit sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/mengenal-dan-mengetahui-kegunaan-alat-berat-feller-buncher/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Mengenal dan Mengetahui Kegunaan Alat Berat Feller Buncher"