Ketahui Pentingnya Perawatan Dragline


Pekerjaan konstruksi tentunya memerlukan alat berat agar dapat menghemat waktu. Salah satunya dengan menggunakan dragline. Ini disesuaikan dengan pekerjaan yang cukup berat. Perawatan dragline dan alat berat lainnya tentunya sangat penting agar tetap bisa digunakan dengan baik untuk konstruksi.





Penggunaan alat berat cenderung terbatas karena pemindahannya yang lebih rumit. Beberapa digunakan untuk di pertambangan, pertanian ataupun perkebunan. Banyak orang yang mengenal excavator karena kerap digunakan di berbagai lokasi. Berbeda dengan dragline yang kerap digunakan untuk penggalian. Keduanya tetap memerlukan penggantian sparepart secara rutin dan perawatan agar usia pakainya lebih panjang.





Apa itu Dragline?





Dragline merupakan alat yang digunakan untuk menggali tanah dan memuatkannya pada alat-alat angkut misalnya truk. Fungsi dari alat ini akan sangat diperlukan pada medan dan bahan yang perlu digali. Dalam melaksanakan pekerjaannya, dragline tidak perlu masuk ke dalam tempat galian.





Cara kerjanya adalah ditempatkan pada lantai kerja yang baik lalu kemudian menggali meskipun di tempat yang berlumpur atau penuh air. Jika hasil galian tersebut harus dimuat ke dalam truk maka truk akan lebih aman tanpa harus berjarak dekat dengan lubang tersebut.





Penggunaan alat berat yang satu ini baik untuk penggalian seperti parit-parit sungai dengan tebing yang curam sehingga kendaraan angkut dapat aman tanpa harus masuk ke lokasi penggalian. Namun tentunya sangat penting memperhatikan perawatan dragline agar mesin bekerja dengan baik.





Proses Kerja Dragline





perawatan dragline
www.belibangunan.co




Penggalian dimulai dengan menggunakan swing dengan bucket yang kosong menuju ke posisi untuk menggali. Drag cable dan hoist cable pada saat yang bersamaan dikendorkan. Bucket pun akan jatuh tegak lurus ke bagian bawah. Setelah itu drag cable akan ditarik sementara hoist cable akan digerak-gerakkan. Ini dilakukan agar bucket dapat mengikuti permukaan tebing yang akan di gali.





Lapisan tanah yang terkikis dapat teratur dan terkumpul ke dalam bucket. Pada saat penggalian hoist cable biasanya dikunci saat kabel ditarik maka bucket akan bergerak mengikuti lingkaran. Lingkaran tersebut berpusat pada ujung boom di bagian atas.





Pentingnya Perawatan Dragline





Alat berat perlu dirawat termasuk dragline, salah satunya karena cukup sering bekerja di medan yang berat. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk perawatan dragline:





Perawatan Dragline dengan Memeriksa Sparepart





Melakukan pemeriksaan terhadap sparepart dan komponen dari alat berat secara berkala. Hal ini untuk memastikan semua masih bekerja dengan normal. Dengan pemeriksaan ini maka dapat di susun rencana perawatan untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Anda juga dapat mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti komponen agar mencegah kerusakan yang lebih parah.





Inspeksi Sistem Mekanik dan Memastikan Kualitas Oli





Pentingnya melakukan inspeksi terhadap sistem mekanik dan sistem listrik dragline. Pastikan bahwa semuanya dapat bekerja secara normal dan tidak akan bermasalah saat digunakan. Sementara melakukan inspeksi untuk sistem listrik untuk memastikan tidak ada korsleting saat alat digunakan. Jika sistem tidak sempurna maka beresiko terbakar.





Pastikan untuk menggunakan oli berkualitas khusus untuk alat berat agar dapat mengurangi gaya gesek. Meskipun terbilang sederhana namun pemberian oli atau minyak pelumas ini sangatlah penting agar usia mesin bisa lebih panjang.





Itulah beberapa cara untuk perawatan dragline yang cukup penting. Manfaat yang bisa didapatkan adalah dapat memperpanjang usia mesin dan juga meningkatkan daya kerjanya. Peralatan atau mesin yang terawat dengan baik tentunya membuat proyek konstruksi dapat berjalan dengan lancar tanpa mengalami masalah.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/ketahui-pentingnya-perawatan-dragline/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Ketahui Pentingnya Perawatan Dragline"