Faktor Penyebab Internal Dari Kerusakan di Bucket Cylinder Pada Excavator


Segala sesuatu pasti akan mengalami kerusakan ketika sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama atau dihadapkan dengan kondisi tertentu. Hal ini juga terjadi pada cylinder bucket di excavator yang juga kerap kali mengalami kerusakan tertentu dan akan berakibat fatal.





Apa Itu Bucket Cylinder?





Cylinder bucket merupakan aktuator sistem hidrolik yang memiliki bentuk silinder dan biasanya lokasinya berada pada bagian arm atau dengan dari excavator. Bucket cylinder juga diartikan sebagai komponen yang penting dalam Front Attachment Excavator.





Yang mana komponen tersebut biasanya akan dikombinasikan dengan hose yang nantinya akan mengalirkan aliran oli hidrolik yang berasal dari main pump hingga ke cylinder bucket dengan fungsi utamanya untuk menggerakkan buket pada excavator tersebut.





Dalam excavator, cylinder bucket memiliki peranan yang sangat penting dengan potensi kerusakan yang cukup besar. Apabila cylinder bucket tersebut tidak bekerja sesuai dengan standar, maka bisa dipastikan bahwa terdapat masalah dan kerusakan pada bagian dalamnya.





Dari permasalahan dan kerusakan yang terjadi pada bucket cylinder ini, maka potensi yang paling ditakutkan yaitu bisa menyebabkan mesin menjadi mati. Dengan begitu, excavator tidak bisa lagi digunakan untuk berbagai pekerjaan berat. Sehingga akan menghambat atau bahkan menghentikan proyek yang sedang dikerjakan.





Penyebab Internal Rusaknya Bucket Cylinder





Secara umum, kerusakan pada komponen cylinder bucket yang disebabkan oleh faktor eksternal yaitu berupa cuaca dan medan kerja. Sedangkan faktor internal yang menyebabkan rusaknya cylinder bucket adalah sebagai berikut.





Kontaminasi Oil Hydraulic





Kontaminasi oli hydraulic biasanya diakibatkan oleh kebocoran pada bagian sistem hydraulic yang nantinya akan membuat material dari luar masuk ke bagian dalam sistem.





Kontaminasi Oil Engine Juga Merusak Bucket Cylinder





Kontaminasi oli engine biasanya diakibatkan oleh adanya kebocoran pada bagian sistem engine maupun pada bagian bahan bakar. Hal ini akan membuat sistem pembakaran menjadi tidak sempurna dan sistem pelumasan menjadi terganggu kita akan membuat engine overheat dan jammed.





Umur Pakai Sparepart





bucket cylinder
gtrac.co.id




Sparepart yang digunakan pada bucket cylinder sangat berpengaruh terhadap kinerja serta pengoperasian unit. Setiap sparepart tentunya memiliki batas umur penggunaan. Apabila sudah mencapai batas waktunya, maka sparepart pun akan rusak.





Pengoperasian Operator





Pengoperasian operator memiliki peranan penting dalam kinerja unit. Maka dari itu, setiap operator dari excavator harus sering mengikuti training mengenai pengoperasian unit serta perawatannya karena pengoperasian yang tidak tepat agar membuat cylinder bucket menjadi cepat rusak.





Preventive Maintenance yang Tidak Teratur





bucket cylinder
equipmentshare.com




Penyebab kerusakan pada unit cylinder bucket juga bisa dilihat pada bagian pelaksanaan preventive maintenance maupun corrective maintenance yang dilakukan.





Inspeksi Harian yang Tidak Dilakukan Secara Teratur





Kemungkinan terjadinya kerusakan pada bucket cylinder juga disebabkan oleh tidak teraturnya proses pengecekan pada unit ini. Mengingat bahwa apabila hal ini ditinggalkan, maka kemungkinan terjadinya kerusakan akan menjadi lebih cepat.





Adjustment yang Tidak Dilakukan





Apabila tidak melakukan adjustment, menyebabkan kerusakan pada bagian silinder maupun unit. Untuk itu sangat penting bagi operator maupun mekanik untuk merespon segala sesuatu yang tidak biasa adalah proses pengoperasian unit seperti kontrol valve, engine dan lain sebagainya.





Demikianlah beberapa informasi seputar bucket cylinder, khususnya mengenai faktor penyebab rusaknya cylinder bucket yang harus diketahui oleh pengguna alat berat. Untuk itu, sangat penting untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa segala komponen pada cylinder bucket dalam kondisi baik-baik saja.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/faktor-penyebab-internal-dari-kerusakan-di-bucket-cylinder-pada-excavator/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Faktor Penyebab Internal Dari Kerusakan di Bucket Cylinder Pada Excavator"