Damkar DKI Menggelar Pameran Alat Berat untuk Edukasi Masyarakat


Pameran alat berat termasuk salah satu acara yang cukup menarik untuk bisa dikunjungi oleh masyarakat. Berbagai jenis alat berat yang sering digunakan bisa Anda lihat pada pameran tersebut. Contohnya saja seperti Damkar DKI yang menggelar pameran khusus untuk alat berat yang sering digunakan untuk bertugas.





Pameran tersebut digelar di kawasan Monas Jakarta pusat sehingga memancing antusias masyarakat di sekitar untuk mengunjunginya. Pameran ini diselenggarakan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan atau Gulkarmat DKI Jakarta. Gulkarmat merupakan dinas milik pemerintahan yang juga turut mengurus berbagai kebutuhan Damkar.





Pameran tersebut digelar untuk memamerkan sarana dan atraksi dari sejumlah unit alat yang digunakan untuk bertugas sehari-hari. Pameran ini digelar pada Minggu tanggal 17 Juli 2022 yang disambut oleh antusiasme dari masyarakat yang cukup tinggi. Hal ini tentu bisa memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai alat berat di dunia Damkar.





Pameran Alat Berat untuk Edukasi





Secara umum pameran ini digelar untuk memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai tugas dan peralatan yang digunakan oleh para Pemadam Kebakaran. Selain itu, pada pameran tersebut sedikitnya diperkenalkan instansi serta lembaga terkait yang terlibat dalam aktivitas Pemadam Kebakaran sehari-hari.





Baca Juga : Alat Berat Diamankan Polhut, Ada Apa ?





Sejumlah unit diperagakan oleh petugas untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara penggunaan serta fungsinya dalam situasi tertentu. Banyak sekali masyarakat yang antusias dan memusatkan perhatiannya untuk menyaksikan bagaimana cara penggunaan alat berat tersebut.





Pameran Alat Berat Memperkenalkan Tugas Gulkarmat





Pameran yang digelar di kawasan Monas tersebut secara umum juga memperkenalkan tugas dari Gulkarmat yang memiliki peranan besar di tengah masyarakat. Instansi ini memiliki peranan penting dalam penanganan kebakaran dan evakuasi penyelamatan di tengah masyarakat.





alat berat
m.rctiplus.com




Evakuasi yang dilakukan juga tidak hanya untuk bencana saja namun bisa untuk beberapa situasi. Penyelamatan korban kecelakaan, evakuasi gawat darurat, penyelamatan barang serta penyelamatan satwa turut diperkenalkan oleh instansi ini. Kemudian cara penggunaan alat berat yang dipamerkan akan diperlihatkan untuk melakukan proses evakuasi tersebut.





Jenis Alat Berat yang Dipamerkan





Terdapat beberapa jenis alat berat yang dipamerkan dalam pameran alat beratdi Monas tersebut. Alat yang dipamerkan juga merupakan bentuk asli dan bukan miniatur sehingga masyarakat bisa mengetahuinya secara detail termasuk penggunaannya. Dari hal ini masyarakat juga bisa mengetahui bentuk dan jenis alat yang digunakan.





Alat berat yang dipamerkan pada saat itu di antaranya Dry Chemical Tender atau pemadam kebakaran jenis tepung kimia, Truk Blanwir, Turntable Tender, serta snorkel atau truk pemadam kebakaran dengan tangga otomatis. Alat tersebut diperlihatkan cara penggunaannya terutama pada saat melakukan proses evakuasi dalam peristiwa khusus.





Petugas melakukan atraksi dengan menggunakan alat berat yang ada seolah-olah sedang melakukan proses evakuasi di keadaan yang nyata. Hal ini tentu cukup menarik khususnya bagi anak-anak yang belum begitu mengetahui tentang penggunaan alat berat oleh Damkar. Dengan begitu pameran alat beratini memberikan edukasi yang sangat nyata bagi semua masyarakat.





Pengunjung Bisa Menjajal Alat Berat yang Ada





Selain mendapatkan edukasi, pengunjung juga diberi kesempatan untuk bisa menjajal alat berat yang dipamerkan. Pengunjung bisa melihat alat berat tersebut dengan lebih dekat dan detail namun tetap dengan pengawasan petugas. Hal ini juga menjadi bagian favorit dari pameran ini karena terlihat pengunjung juga lebih antusias.





Pameran alat beratdi kawasan Monas ini menjadi salah satu media untuk memperkenalkan jenis alat berat yang sering digunakan oleh petugas Damkar. Sedikitnya masyarakat bisa lebih mengenal dan memahami penggunaan alat berat di dunia Damkar. Dengan begitu, wawasan masyarakat bisa lebih luas.





Temukan informasi alat berat lainnya disini !





sumber : metro.sindonews.com



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/damkar-dki-menggelar-pameran-alat-berat-untuk-edukasi-masyarakat/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Damkar DKI Menggelar Pameran Alat Berat untuk Edukasi Masyarakat"