Cek! Ini Komponen pada Engine Excavator


Salah satunya komponen yang menunjang kinerja sebuah excavator adalah engine excavator. Umumnya sebagian besar alat berat seperti excavator akan menggunakan engine 4 cylinder.





Diesel power dipilih karena bisa menghasilkan tenaga yang cukup besar. Sehingga kinerja excavator pun makin maksimal.





Adapun pengklasifikasian engine tersebut berdasarkan pada beberapa penggolongan. Yang pertama, dengan membagi engine berdasarkan tempat terjadinya proses pembakaran, serta tempat perubahan energi panas menjadi energi gerak.





Jika kedua peristiwa tersebut, terjadi dalam ruang yang sama, maka engine dikategorikan sebagai engine dengan jenis internal combustion. Sementara bila ruang tersebut terpisah, maka dikategorikan sebagai engine eksternal combustion. Eksternal combustion engine, dibagi menjadi dua golongan yaitu turbine dan piston.





Berikutnya pada engine jenis internal combustion, penggolongannya terdiri dari engine piston, turbine, wankel atau rotary.





Komponen Engine Excavator





Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai komponen pada engine excavator.





Cylinder Block





Komponen engine excavator yang pertama adalah cylinder block, yang terdiri dari silinder motor bakar torak dan beberapa struktur sekitarnya.





Jika disederhanakan, cylinder block ini merupakan bagian dasar atau komponen inti mesin. Gunanya adalah untuk menopang semua bagian utama mesin seperti piston, kepala silinder, oil pan, dan poros engkol.





Cylinder block juga berfungsi, sebagai tempat penyimpanan tenaga dan juga berguna sebagai tempat terikatnya sebagian besar komponen pada mesin. Bila melihat dari hasil gaya, tekanan, panas, hingga berat yang diterima oleh cylinder block, sudah bisa dipastikan kekuatan block ini.





Komponen Engine Excavator Piston





Engine excavator juga memiliki piston sebagai komponennya. Piston merupakan komponen mesin yang membentuk ruang bakar bersama dengan silinder head atau silinder blok.





Uuntuk melakukan siklus kerja mesin, piston akan bergerak naik turun. Piston juga memiliki kemampuan untuk meneruskan tenaga hasil pembakaran ke crankshaft.





Dalam penggunaannya, piston terdapat dalam beberapa jenis konstruksi, seperti : composite, cast alumunium crown dengan iron band, juga two-pieces articulated.





Ring Piston





Komponen ketiga dari engine excavator adalah ring piston, yang biasanya dipasangkan dalam akur ring (ring grove) pada piston atau torak. Diameter luar ring torak, sedikit lebih besar daripada dengan piston itu sendiri.





Sifat ring piston elastis, sehingga ketika terpasang pada piston, maka akan mengembang dan menutup dinding silinder dengan rapat.





Agar bisa tahan lama, ring piston umumnya dibuat dari baja tuang spesial, yang memang tidak akan merusak dinding silinder. Adapun fungsi dari ring piston ini, adalah sebagai penyumbat, untuk mencegah agar tidak terjadi kebocoran antara samping piston dengan dinding silinder.





Flywheel





Komponen lainnya adalah flywheel. Bentuknya sendiri seperti sebuah piringan yang terbuat dari cast iron dan dibautkan pada ujung crankshaft.





Biasanya, crankshaft hanya mendapatkan tenaga putaran dari langkah kerja saja. Namun, agar crankshaft bisa bekerja pada langkah lainnya, maka crankshaft harus bisa menyimpan daya putaran yang diperolehnya. Komponen yang bisa menyimpan tenaga putaran ini adalah flywheel. Di mana pada sekeliling flywheel dipasang ring gear, yang berhubungan dengan starter pinion.





Crankshaft





Crankshaft pada engine excavator memiliki peranan yang penting, untuk mengubah gerak lurus menjadi gerak putar. Crankshaft yang digunakan pada colt diesel ini adalah highly rigid die forging integral dengan balance, yang berfungsi menjamin keseimbangan perputarannya.





Mekanisme Katup





Engine komponen lainnya adalah mekanisme katup yang berfungsi untuk menggerakkan, membuka, serta menutup katup pada waktu yang teratur. Untuk kekanisme katup sendiri, terbagi dalam beberapa susunan katup, yaitu jenis katup sisi (side valve) dan jenis katup kepala (overhead valve). Biasanya katup yang digunakan pada mesin colt diesel, adalah jenis overhead valve.





Nah, itu dia komponen dari engine excavator. Keberadaan engine ini, jelas akan memaksimalkan kinerja excavator itu sendiri.



class = "fb-comments"
data-href = "https://belajar-ilmu-sipil.blogspot.com/cek-ini-komponen-pada-engine-excavator/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Cek! Ini Komponen pada Engine Excavator"