Cek! Ini Jenis Undercarriage Excavator yang Perlu Diketahui


Undercarriage excavator jelas merupakan hal yang penting. Jika tidak ada Undercarriage maka excavator maupun alat berat lainnya seperti buldozer tidak bisa bergerak.





Salah satu masalah yang sering terjadi pada excavator juga terletak pada undercarriage. Sehingga komponen alat berat ini harus diperhatikan betul kondisinya.





Jenis Undercarriage Excavator Berdasarkan Bentuknya





Bentuk Undercarriage pun dibagi menjadi dua, yaitu:





Undercarriage Excavator Oval Track





Oval track adalah konstruksi sprocket yang berada pada bagian belakang mesin. Sementara di bagian depan mesin ada idler. Di bagian atas track frame-nya terdapat satu hingga dua carrier roller. Di bagian bawahnya juga terdapat beberapa track roller.





Komponen yang akan bersentuhan langsung dengan mesin adalah bagian track line. Bagian ini juga yang menjadi rantai penghubung dan yang berperan sebagai tapaknya adalah track shoe.





Elevated Sprocket Track





Tipe Elevated Sprocket Track ini pertama kali dibuat oleh salah satu pabrik alat berat asal Amerika Serikat. Di mana tujuannya dibuat untuk meningkatkan beberapa performa mesin.  Bahkan desain elevated Sprocket tersebut merupakan hak paten pabrik tersebut. Pada undercarriage model ini, memungkinkan final drive dan sprocket tidak memikul beban berat mesin secara langsung.





Karena posisinya berada di atas, maka akan lebih bersih dan terhindar dari lumpur. Bisa dipastikan, komponen final Drive menjadi lebih awet, mesin lebih seimbang, gaya dorong traksi pun lebih tinggi. Selain itu, track roller frame pun lebih fleksibel.





Komponen Undercarriage





Berikut ini adalah komponen-komponen dari undercarriage:





Track Link Pada Undercarriage Excavator





Digunakan bersama dengan bushing, track line juga digunakan sebagai penyambung serta penahan antar track link yang satu dengan lainnya.





Track Bushing





Komponen undercarriage kedua adalah track bushing dan track pin. Keduanya bersama-sama bertugas untuk menahan dan menyambung antara track link satu dengan track link yang lainnya. Track bushing juga bertugas sebagai penyekat rangkaian di antara bushing dan link.





  1. Track Line Joint




Komponen yang satu ini berperan untuk menyambungkan track link.





  1. Track Shoe




Track shoe merupakan bagian yang digunakan untuk menahan beban dari mesin. Dari track shoe juga yang menyediakan traksi, sehingga memungkinkan tracktype pada mesin bisa bergerak.





Ada beberapa tipe track shoe yang bisa disesuaikan dengan kondisi, di mana alat akan digunakan. Tipe-tipe tersebut adalah: single grouser shoe, extreme service shoe, self cleaning low ground pressure shoe, chopper shoe, double grouser shoe, serta trapezoidal center hole shoe.





  1. Track Roller




Komponen berikutnya dari undercarriage adalah track roller, yang tugasnya adalah menahan mesin agar tetap bergerak di atas track. Track roller ada dua jenis, yaitu double flange roller, dan single flange roller.





  1. Carrier Roller




Carrier Roller adalah komponen undercarriage yang berguna untuk menahan berat track, dan berada di antara idler dan sprocket. Fungsi lainnya adalah menghaluskan gerakan track yang ada di bagian atas.





  1. Idler




Komponen berikutnya yaitu idler yang fungsinya adalah sebagai pemandu track keluar-masuk menuju track roller. Idler juga digunakan untuk menahan sebagian beban mesin, juga membantu mengontrol track.





Pada jenis elevated sprocket, terdapat dua idler yang letaknya berada di bagian depan dan belakang mesin. Lain halnya dengan jenis oval track undercarriage yang hanya memiliki satu idler.





  1. Sprocket




Undercarriage juga dilengkapi dengan sprocket yang tugasnya meneruskan tenaga yang berasal dari final drive agar sampai ke bushing track link. Adapun cara kerja gigi-gigi sprocket yaitu dengan menarik track bushing, dan menggerakkan track group, sehingga membuat excavator bisa bergerak.





Nah, itu dia komponen dari undercarriage excavator. Semoga bermanfaat.



class = "fb-comments"
data-href = "https://belajar-ilmu-sipil.blogspot.com/cek-ini-jenis-undercarriage-excavator-yang-perlu-diketahui/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Cek! Ini Jenis Undercarriage Excavator yang Perlu Diketahui"