Alat Berat Mengenai Pipa, Pipa Berakhir Putus


Pipa air bersih milik Perusahaan Air Minum Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan mengalami kerusakan. Ini karena alat berat mengenai pipa, yang membuat pipa akhirnya rusak dan tak bisa lagi digunakan. Alat berat tersebut berasal dari proyek gorong-gorong di Banjar Kerobokan, Desa Mekarsari, Baturiti, Tabanan.





Akibat kerusakan tersebut, pasokan air bersih mengalami gangguan. Kejadian tersebut tentu membuat masyarakat resah, sebelum akhirnya pipa diperbaiki oleh pihak yang berwenang. Kini pipa tersebut sudah bisa digunakan kembali sesuai fungsinya semula.





Awal Kejadian Alat Berat Mengenai Pipa





Peristiwa naas tersebut terjadi ketika petugas melakukan pengerjaan proyek gorong-gorong pada pagi hari. Tanpa sengaja, alat berat yang harusnya digunakan untuk menggali tanah mengenai pipa air minum.





Akibatnya pipa mengalami kebocoran, pecah, dan membuat air bersih yang ada di dalamnya meluber ke jalan-jalan. Tak hanya itu, alat berat mengenai pipa ini juga menyebabkan masalah di jalur pipa distribusi nomor 2 dan 4 di area tersebut.





Karena peristiwa tersebut, air suplai yang harusnya berjalan baik di kawasan Desa Mekarsari dan sekitarnya terganggu. Bahkan di beberapa tempat, air mati total dan tak keluar sama sekali, membuat warga panik dan kebingungan.





Mendapat Perbaikan Segera





Beruntungnya masalah pipa bocor tersebut tak berlarut-larut, pihak yang berwenang segera turun tangan untuk memperbaikinya. Karena masalah sudah teratasi, Instalasi Pengelolaan Air atau IPA di Desa Mekarsari dan sekitarnya sudah berjalan kembali dengan baik.





Menanggapai musibah tersebut, Kabag Hubungan Pelanggan, Ida Bagus Marjaya Wirata dan I Wayan Agus Suanjaya sebagai Kasubag Humas Perumda Air Minum Tirta Amertha Buana di Kabupaten Tabanan membenarkan peristiwa yang terjadi.





Baca Juga : Bagaimana Penanganan Excavator Pasca Banjir?





Biasanya masalah alat berat mengenai pipa dan mengakibatkannya pecah terjadi karena pihak konstruksi tak tahu dimana lokasi jaringan air minum berada. Setelah mendapatkan informasi dari pihak masyarakat dan pengelola proyek, petugas langsung turun tangan.





Proses perbaikan berlangsung dengan cepat, apalagi tempat pecahnya pipa sudah diketahui sebeumnya. Semua pekerjaan dapat selesai dengan aman tanpa adanya kecelakaan lain dan pipa yang putus dan pecah diganti, agar air bisa berjalan kembali sesuai jalur yang ada.





alat berat mengenai pipa
arparts.id




Marjaya memberikan keterangan, alat berat yang merusak pipa merupakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum (PUPRPKP) Kabupaten Tabanan. Pekerja mereka tengah menggali proyek untuk pengerjaan gorong-gorong, namun sayangnya alat berat langsung menyentuh pipa dan membuatnya pecah.





Distribusi Air Bersih Terganggu Karena Alat Berat Mengenai Pipa





Karena masalah alat berat mengenai pipa ini, menurut Marjaya, distribusi air bersih menjadi macet. Tidak hanya di Desa Mekarsari, tapi juga di beberapa daerah di Kecamatan Baturiti, Kecamatan Selemandeg.





Di Kecamatan Selemadeg, desa-desa yang mengalami dampak dari masalah tersebut adalah Desa Banjera, Desa Barembeng, dan Desa Antap. Meski tak banyak, beberapa daerah lain mengalami gangguan serupa karena proyek konstruksi dari Dinas PUPRPKP yang sedang berlangsung.





Dengan bantuan dari berbagai pihak, masalah ini akhirnya bisa tuntas dengan baik. Ar minum dapat segera mengalir ke rumah-rumah pihak yang berlangganan tanpa harus khawatir pipa pecah, macet atau bocor. Untuk menghindari hal yang lebih buruk terjadi, Marjaya meminta masyarakat tetap menampung air hujan.





Ini untuk mengantisipasi jika air macet dan tak dapat diperbaiki dalam waktu dekat. Ke depannya masalah alat berat mengenai pipa ini diharapkan tak terjadi lagi. Tak hanya masyarakat yang rugi, pihak-pihak lain juga harus meluangkan waktu untuk memperbaikinya.





Berbagai informasi alat berat lainnya bisa Anda dapatkan disini !





Sumber : mediapelangi.com



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/alat-berat-mengenai-pipa-pipa-berakhir-putus/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Alat Berat Mengenai Pipa, Pipa Berakhir Putus"