Pasar Alat Berat Indonesia Besar, Ada Keuntungan yang Menjanjikan


Pasar alat berat Indonesia dinilai sedang tinggi saat ini. Bukan tanpa alasan, pemerintah Indonesia sendiri tengah gencar melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Mulai dari pembuatan jalan tol, bandara, bendungan, hingga pelabuhan.





Bahkan ada rencana untuk membuat kawasan ekonomi khusus untuk menunjang perkembangan sektor ekonomi lokal. Rencana tersebut tertuang dalam proyek pengembangan smelter terintegrasi yang masuk dalam program PSN atau Proyek Strategis Nasional.





Pemerintah Rencanakan PSN 2022 Dalam Pasar Alat Berat Indonesia





Di tahun 2022, pemerintah ternyata sudah memasukkan 13 proyek ke dalam daftar PSN. Daftar tersebut termaktub dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 9 Tahun 2022.





pasar alat berat
jualsewabeko.com




Isinya tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 mengenai Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional. Beberapa proyek tersebut antara lain:





  • Pembangunan proyek Palapa Ring Integrasi berbasis nasional.
  • Pembangunan Kepala Dalam dan Industri Turunannya di wilayah Papua Barat.
  • Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM Ir H Djuanda – Jatiluhur II di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat.
  • Proyek Pariwisata Seribu Pulau Kepulauan Seribu di wilayah DKI Jakarta.
  • Pembangunan Infrastruktur Kereta Api Logistik di Kalimantan Timur.
  • Pembangunan Kawasan Industri Indonesia Konawe Industrial Park atau IKIP di Sulawesi Tenggara.
  • Pembangunan Bendungan Rukoh dan Bangunan Pengarah Bendungan Rukoh di wilayah Aceh.
  • Program Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK, yang kemungkinan akan membuat tren pasar alat berat Indonesia naik signifikan.
  • Pembangunan PLTS Skala Besar di Kepulauan Riau sebagai program ketenagalistrikkan.
  • Integrasi Grup PT Perkebunan Nusantara atau PTPN melalui pembentukan Sugar Co, Palm Co, dan Supporting Co. Program ini akan melakukan revitalisasi industry gula nasional dan hilirisasi industry kelapa sawit.
  • Proyek Pengembangan Smelter Terintegrasi PT Vale Indonesia di wilayah Bahodopi, Sulawesi Tengah, sebagai program pembangunan smelter.
  • Proyek Pengembangan Smelter Terintegrasi PT Vale Indonesia di wilayah Sulawesi tenggara, tepatnya di Pomala, sebagai program pembangunan smelter.
  • Terakhir ada Smelter Nikel Baterai Listrik di wilayah Maluku Utara bagian Halmahera Timur untuk pembangunan smelter serupa dengan wilayah Sulawesi.




Dampak Pasar Alat Berat Indonesia pada Permintaan Alat Berat





Dengan banyaknya proyek yang dilakukan pemerintah tersebut, tak heran permintaan pasar alat berat Indonesia tengah tinggi. Hal tersebut kemudian mendapatkan sambutan yang antusias dari berbagai pihak, terutama pemangku kepentingan stakeholder terkait.





Salah satu perusahaan yang bersiap dengan keuntungan besar adalah PT Trakindo Utama. Perusahaan dengan skala nasional ini sudah lebih dari setengah abad berkecimpung dalam bidang penjualan alat berat, jadi sudah termasuk dalam pemain lama.





Banyaknya proyek pemerintah yang akan berjalan dengan bantuan alat berat, memberikan keuntungan yang menjanjikan. Pasalnya sudah lama pasar Indonesia, khususnya dalam penjualan alat berat, terlihat positif seperti tahun-tahun ini.





Baca Juga : Penjualan Alat Berat Sedang Naik, Ini Dia Rekomendasi Sahamnya





Area Sales Manager PT Trakindo Utama, Agung Priyanto mengatakan, pasar alat berat Indonesia ini sebanding dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jika ekonomi terus mengarah ke arah yang positif, maka perusahaan yang bergerak di bidang industry alat berat akan mendapatkan angin segar.





Apalagi di tengah ketidak pastian global karena pandemic dan berbagai konflik wilayah, kebutuhan alat berat yang tinggi tentu jadi anugerah. Menurut Agung, jika banyak perusahaan membelanjakan uangnya, maka bisnis lain akan ikut bergerak.





Untuk mengatasi tingginya permintaan pasar alat berat Indonesia, Agung sudah menyiapkan strategi. Ia akan mengimbangi jumlah pasokan, sehingga angka ketimpangan backlog bisa diminimalisir.





sumber : kompas.com



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/pasar-alat-berat-indonesia-besar-ada-keuntungan-yang-menjanjikan/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Pasar Alat Berat Indonesia Besar, Ada Keuntungan yang Menjanjikan"