Mengenal Jenis Tower Crane Dan Cara Kerjanya


Tower crane adalah alat pengangkat beban dengan fungsi mendukung pekerjaan konstruksi pada gedung bertingkat. Alat ini berfungsi sebagai alat bentang dan ketinggian besar yang dapat disesuaikan dengan lokasi konstruksi. Ada beberapa jenis tower crane yang kerap digunakan pada bidang konstruksi pembangunan.





Tower crane dapat mengangkat atau memindahkan alat perangkat keras dengan lebih mudah. Tower crane dapat diatur ketinggiannya hingga lebih dari 100 meter, sehingga tidak heran jika alat berat ini berperan penting dalam pembangunan gedung bertingkat.





Jika tidak memiliki alat ini, proses pembangunan gedung tinggi bisa jadi sulit karena untuk memindahkan material ke atas gedung tinggi diperlukan alat pengangkat yang menyesuaikan dengan ketinggian gedung.





Jenis Tower Crane yang Perlu Anda Ketahui





Ada beberapa jenis tower crane yang biasa digunakan pada konstruksi gedung bertingkat. Adapun jenis-jenis ini diantaranya adalah meliputi:





Rail Mounted Tower Crane





Jenis dari tower craneyang pertama adalah rail tower crane. Untuk bagian atas tiang, bentuknya sama dengan tower crane lainnya, tetapi pada bagian bawahnya terdapat roda yang dapat digerakkan pada rel dengan mesin.





Linked Tower Crane





jenis tower crane
daerah.sindonews.com




Untuk konstruksi bangunan dengan tinggi lebih dari 100 meter, tower crane jenis ini umumnya dapat digunakan. Link tower crane memiliki ketinggian hingga 200 meter dan memiliki bagian tiang khusus.





Jenis Tower Crane Mandiri





Tower crane mandiri adalah jenis tower crane yang paling umum digunakan dalam konstruksi bangunan. Tower crane jenis ini memiliki keunggulan dalam pemasangan dan pembongkaran yang lebih cepat.





Kegunaan Dan Cara Kerja Dari Tower Crane





Berbagai jenis tower cranedibuat untuk membantu mengangkat dan memindahkan material ke atas dan ke bawah. Jadi, dalam pembangunan gedung bertingkat, alat ini sangat  penting untuk keberhasilan pembangunan.





Jika Anda sedang membangun sebuah gedung tinggi, tentu Anda membutuhkan alat yang sesuai. Alat yang dapat mengangkat dan memindahkan material ke atas beberapa bagian, misalnya ke bagian atas gedung.





Baca Juga : Crawler Crane Kobelco Tipe CKL1000i, Crane Kebanggan di Indonesia





Untuk merakit tower crane, Anda harus memasang stasiun pangkalan terlebih dahulu dan kemudian menenggelamkannya. Jika hasil coran sudah kering, langkah selanjutnya adalah merakit bagian tiang untuk disesuaikan dengan ketinggian yang diinginkan.





Kemudian muncul pemasangan control cabin, jet crane, directional, trolley, dan lainnya. Untuk cara pengoperasiannya sendiri, beberapa jenis tower crane dibagi menjadi beberapa bagian seperti :





  • Troli adalah gerakan horizontal dari troli.
  • Engkol adalah putaran poros pada mesin yang sedang diputar.
  • Winch adalah cara kerja mengangkat material atau barang dari bawah ke atas.




Bagian – Bagian Penting Dari Tower Crane





Alat berat ini memiliki banyak fungsi penting yang bahkan tidak dapat digantikan dengan yang lainnya. Tower Crane memiliki beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda seperti dijelaskan berikut ini.





  • Base station, ini adalah bagian dasar yang meliputi penyangga yang ditanam di tanah dan di cor. Pondasi memiliki kedalaman lubang yang dapat disesuaikan dan diisi dengan semen.
  • Bagian kolom, setelah membentuk dasar yang kokoh, langkah selanjutnya adalah merakit bagian-bagian yang akan menjadi tiang derek.
  • Rotasi, mekanisme berputar di atas bagian tiang memutar bagian atas derek menara hingga 360 derajat. Untuk mengontrol giroskop terletak pada pegangan katrol katrol.
  • Counter jib, bagian ini digunakan untuk menyeimbangkan boom (noom) agar tie rod dan tower crane dapat bergerak dengan seimbang.
  • Jib, ini adalah bagian dari tower crane yang bertanggung jawab untuk menempatkan motor troli dan hoist. Ini berfungsi untuk mengangkat beban.




Sekian ulasan terkait jenis tower crane berikut jenis dan cara kerjanya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk mengenal kelengkapan alat berat yang banyak digunakan pada lokasi konstruksi.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/mengenal-jenis-tower-crane-dan-cara-kerjanya/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis Tower Crane Dan Cara Kerjanya"