Kenali Jenis Ship Crane yang Beroperasi Di Laut


Jenis Ship crane adalah kapal laut yang kuat dilengkapi dengan crane besar untuk menangani beban berat. Digunakan untuk pekerjaan konstruksi dan operasi penyelamatan laut dalam, jenis crane dapat berupa derek normal, semi-submersible atau barel.





Pada artikel ini, terdapat sepuluh crane ship besar yang digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan lepas pantai. Kapal-kapal ini dikenal di seluruh dunia karena ukuran dan daya dukungnya yang sangat besar.





Mengenal 10 Jenis Ship Crane Terbaik Di Dunia





jenis ship crane
marineinsight.com




Ship crane memiliki peran yang cukup penting saat terjadi berbagai operasi di atas perairan. Adapun 10 ship crane terbaik yang cukup terkenal dengan ketangguhannya, antara lain adalah sebagai berikut.





SSCV Sleipnir





Gelar derek dengan jenis ship crane terbesar saat ini dipegang oleh SSCV Sleipnir, yang memiliki dua derek berputar dengan kapasitas masing-masing 10.000 ton. Hal ini dinamai kuda berkaki delapan legendaris Odin.





Derek, yang dioperasikan oleh Heerema Marine Contractors, adalah yang pertama di kelasnya yang menggunakan LNG. Kapal dilengkapi dengan 8 pendorong yang memungkinkan untuk mencapai kecepatan > 12 knot.





SSCV Thailf





SSCV Thailf adalah derek pengangkat berat yang digunakan untuk beberapa pekerjaan saluran lepas pantai. Dengan kapasitas angkat sekitar 14.200 ton, kapal konstruksi lepas pantai ini dilengkapi dengan dua buah derek.





Saipem 7000





Saipem 7000 adalah kapal semi-submersible jenis ship crane dengan dua crane berputar dengan kapasitas masing-masing 7000 ton. Kapal derek dilengkapi dengan teknologi ballast dan sistem propulsi terbaik.





Zhen Hua 30





Zhen Hua 30 adalah derek yang saat ini berlayar di bawah bendera China. Bangau raksasa ini dibangun 27 tahun yang lalu dengan panjang 297,6 m dan lebar gelagar 58 m. Kapasitas angkatnya adalah 12.000 ton dengan kapasitas putar 7.000 ton.





Hyundai-10000





Ship crane yang dipasang di derek Hyundai-10000 memiliki kapasitas angkat maksimum 10.000 ton. Kapal ini merupakan floating jib crane terbesar di dunia, berukuran panjang 182 meter, lebar 70 meter, dan kedalaman 11 meter.





Svanen





Svanen adalah salah satu kapal derek pertama yang diluncurkan pada tahun 1990 oleh grup Eropa Storeblt dengan total kapasitas angkat 8700 ton. Itu dibangun untuk mendukung penyelesaian Jembatan Barat sepanjang 7 km di Great Belt of Denmark.





Baca Juga : Crawler Crane Kobelco Tipe CKL1000i, Crane Kebanggan di Indonesia





Balder





Dianggap sebagai kapal derek atau jenis ship crane submersible pertama di dunia yang dibangun pada tahun 1978 dan masih kuat, kapal ini memiliki tonase 6.200 ton. Dengan panjang keseluruhan 154 m dan lebar 106 m, dapat membawa sekitar 390 awak.





Jenis Ship Crane Aegir





Aegir dari Heerema adalah salah satu derek angkat berat tercepat yang tersedia di seluruh dunia. Kapal ini awalnya memiliki kapasitas angkat 4.000 ton, kemudian meningkat menjadi 5.000 ton ketika dipasang kembali pada Maret 2021.





Hercules Asia III





Asian Hercules III, diluncurkan pada  2015, dianggap sebagai salah satu kapal terbesar dan paling serbaguna. Dimensi kapal adalah panjang 106 m, balok 52 m dengan tinggi kait minimal 120 m. Ini adalah  derek self-propelled dengan kapasitas angkat 5.000 ton.





Seven Borealis





Kapal ini dibangun oleh Sembawang Shipyard Pte. Ltd, Singapura, dan dioperasikan oleh Subsea7. Dengan lambung tunggal 182m dan dimodifikasi pada tahun 2012, menambah kapasitas angkat 5.000 ton dan dapat menampung sekitar 400 awak.





Sekian ulasan terkait jenis ship crane yang beroperasi di laut dan perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk lebih mengenal beragam crane dengan fungsinya masing-masing.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/kenali-jenis-ship-crane-yang-beroperasi-di-laut/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Kenali Jenis Ship Crane yang Beroperasi Di Laut"