Kegunaan Marine Crane Pada Industri Kelautan Berikut Jenisnya


Industri kelautan sangat besar dan terus berkembang. Industri ini dilengkapi infrastruktur besar dimana semuanya memungkinkan transportasi lengkap dengan marine crane yang efisien untuk sebagian besar jenis produk maupun bahan.





Pergilah lebih jauh ke laut dan Anda akan menemukan situs pengeboran lepas pantai dan pos militer dan pertahanan serta kapal. Sederhananya, sektor kelautan mendukung sejumlah besar aplikasi dan membuat industri modern tetap berjalan lancar.





Sementara berbagai macam peralatan material handling di sektor kelautan, terutama crane, merupakan peralatan yang penting. Alat tersebut bervariasi untuk memenuhi persyaratan aplikasi tertentu sambil memastikan kinerja dan keamanan yang optimal.





Penggunaan Marine Crane Secara Umum





Marine crane digunakan untuk memfasilitasi pengangkatan beban berat, pemindahan berton-ton material dan barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Baik berurusan dengan penangkapan ikan lepas pantai atau menyiapkan rig minyak dan gas lepas pantai.





Derek ini berupa mesin penting dalam semua jenis pekerjaan kelautan. Aplikasi derek laut yang umum meliputi peralatan penyelamatan atau penenggelaman laut; peralatan transportasi bawah laut.





Dengan fungsi utamanya yaitu untuk memindahkan peralatan dan material di geladak. Serta juga memindahkan peralatan dan material ke dan dari platform serta kapal lain. Keahlian teknis diperlukan untuk membangun pendarat ini.





Dimana beberapa di antaranya bertingkat sambil memastikan operasi yang aman dan efisien, yang luar biasa. Tetapi opsi apa yang tersedia dan bagaimana pengguna dapat memastikan bahwa mereka menggunakan jenis derek yang tepat?





2 Jenis Marine Crane yang Perlu Diketahui





marine crane
hyva.com




Setelah mengetahui fungsi dan kegunaan dari marine crane, selanjutnya Anda perlu mengetahui jenis-jenis dari alat tersebut. Adapun jenisnya ini terbagi menjadi dua seperti halnya dijelaskan sebagai berikut.





Gantry Marine Crane





Gantry crane digunakan untuk memindahkan kargo ke atas dan ke bawah dermaga. Derek ini tingginya beberapa lantai dan merupakan derek tertinggi yang digunakan dalam aplikasi bongkar muat.





Derek ini unik karena kabin operator terletak di ujung atas derek, yang digantung di troli. Kabin memiliki transparansi 80%, memberikan operator pandangan yang jelas tentang operasi bongkar muat.





Pendekatan ini berbeda dengan desain model konvensional, dimana operator derek tetap berada di dasar peralatan. Marine crane ini juga menggunakan balok penyebar sebagai pengganti kait.





Penyebar bergerak ke empat arah, menempel pada sudut cetakan kapal kontainer dan mengangkat kargo dari sana. Gantry crane modern saat ini dapat mengangkat hingga empat kontainer barang sekaligus, sehingga mempercepat proses bongkar muat.





Pertukaran untuk kapasitas angkat yang lebih besar dengan memuat kargo ke atas kapal membutuhkan lebih banyak perawatan. Hal ini karena berat kargo dan penambahan dek atau palka dapat membuat pergerakan yang bahaya di atas kapal.





Baca Juga : Mengenal Jenis dan Series Crane Kobelco





Overhead Jib Cranes





Derek jib menggunakan bagian horizontal boom atau jib untuk mendukung kerekan yang bergerak. Potongan-potongan ini dipasang pada permukaan yang stabil, seperti tiang dinding atau lantai.





Dalam industri kelautan, gantry crane umumnya digunakan dalam pengeboran lepas pantai. Selain aplikasi kelautan, crane biasanya digunakan di lokasi konstruksi di atas bangunan, mengangkat material ke berbagai tingkat struktur.





Berbagai jenis derek tersedia untuk memenuhi persyaratan aplikasi khusus dan persyaratan ruang kepala. Kerekan rel tunggal dan yang dipasang di bawah, derek gantry, dan gantungan bawah biasanya digunakan di lingkungan laut.





Sekian ulasan terkait kegunaan marine crane pada industri kelautan berikut jenisnya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk mendapatkan alat yang paling cocok dan sesuai dengan Anda butuhkan.



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/kegunaan-marine-crane-pada-industri-kelautan-berikut-jenisnya/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Kegunaan Marine Crane Pada Industri Kelautan Berikut Jenisnya"