Sekolah Operator Alat Berat Bentuk Dukungan Pemerintah Di Industri Alat Berat


Dalam beberapa tahun belakangan ini, berbagai industri yang berhubungan dengan sumber daya alam di Indonesia sedang mengalami kenaikan. Hal ini membuat berbagai industri terkait lainnya juga mengalami peningkatan, salah satunya adalah industri alat berat.





Karena kebutuhan alat berat yang meningkat drastis, maka tentu kebutuhan pengadaan sumber daya manusia berupa operator alat berat juga semakin banyak. Menyadari pengaruh industri alat berat terhadap performa berbagai industri lainnya, pemerintah akhirnya turun tangan dengan mengadakan program sekolah khusus untuk calon operator dari alat-alat tersebut.





Baca Juga : Permintaan Alat Berat Tinggi, Hanabi Optimis Penjualan Naik





Awal Mula Pengadaan Sekolah Operator Alat Berat





Setiap program pemerintah tentu tidak dilakukan secara random dan mendadak. Program pendidikan untuk operator heavy machine sendiri mulai dilakukan sejak tahun 2021. Peserta dari program pendidikan ini nantinya akan mengikuti program pembelajaran selama 1 tahun lamanya.





Program ini diadakan oleh kementerian perindustrian dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan operator dalam industri alat berat di Indonesia. Melalui pertimbangan yang cukup panjang, program ini kemudian menjadi program final kementerian setelah industri smelter nikel mengalami peningkatan yang sangat tinggi di tahun 2021.





Meningkatnya performa industri smelter nikel ini berdampak pada meningkatnya aktivitas ekspor besi baja hingga mencapai 18 kali lipat dari tahun sebelumnya. Hal ini tentu segera ditindak lanjuti oleh pemerintah dengan menyusun program agar peningkatan tersebut bisa berlangsung untuk waktu yang lama dan memberikan keuntungan yang baik bagi negara.





Kepala BPSDMI (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri) yakni Arus Gunawan menyatakan bahwa program Pendidikan D1 ini diharapkan bisa memberikan hasil berupa tenaga kerja yang kompeten di bidang alat berat, Selain itu, Restu Yuni selaku kepala PPPVI Kemenperin juga menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk membekali calon tenaga kerja agar bisa memiliki keahlian terapan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaan industri tertentu.





Pemerintah juga tentu berharap agar program ini tidak hanya membantuk meningkatkan performa industri smelter nikel saja, namun juga bisa membantu meningkatkan performa berbagai industri lainnya yang berhubungan dengan alat berat.





Detail Program Sekolah Operator Alat Berat





operator alat berat
properti.kompas.com




Seperti di paparkan sebelumnya bahwa program pendidikan operator alat berat diadakan selama 1 tahun. Program Pendidikan ini berbentuk program setara D1 dengan program pembelajaran yang dilakukan di Sulawesi Selatan.





Kementerian perindustrian bekerjasama dan menandatangani MOU dengan PT. Huadi Nickel-Alloy Indonesia untuk penyelenggaraan program pendidikan ini. PT. Huadi Nickel-Alloy Indonesia sendiri merupakan perusahaan ternama yang bergerak di bidang industri pemurnian nikel di Indonesia.





Dengan bidang kerja yang dimiliki, tentu perusahaan ini juga membutuhkan cukup banyak operator alat berat untuk memperbesar skala bisnis yang dimilikinya. Program pendidikan ini bahkan menjadi salah satu program pemerintah yang cukup lama dinantikan oleh PT. Huadi Nickel-Alloy Indonesia. Hal ini dipaparkan oleh Direktur PT. Huadi Nickel-Alloy Indonesia, Leonard Hadyanto.





Program pendidikan setara D1 menjadi jenjang paling awal yang disediakan oleh pemerintah demi mendukung pemenuhan SDM di bidang alat berat. Seluruh peserta pendidikan yang lulus dari program ini nantinya akan langsung disalurkan 100% ke perusahaan-perusahaan terkait yang bergerak di bidang industri alat berat, salah satunya adalah PT. Huadi Nickel-Alloy Indonesia.





Selain program D1, pemerintah dalam hal ini kementerian perindustrian juga menyediakan jenjang pendidikan lain hingga magister terapan demi mencetak SDM yang banyak dibutuhkan saat ini. Dengan adanya program pendidikan operator alat berat ini, tentu pemerintah sangat berharap agar kebutuhan SDM yang terpenuhi bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai industri dan meningkatkan kondisi ekonomi negara.





Sumber : ekonomi.bisnis.com



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/sekolah-operator-alat-berat-bentuk-dukungan-pemerintah-di-industri-alat-berat/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Sekolah Operator Alat Berat Bentuk Dukungan Pemerintah Di Industri Alat Berat"