Komponen Excavator Digondol Maling, Pemilik Rugi Ratusan Juta


Tindak kejahatan lagi-lagi terjadi di sekitar masyarakat, kejadian pencurian tidak biasa terjadi di Kuningan, Jawa Barat. Jika biasanya pencuri menargetkan kendaraan atau barang konsumtif untuk dicuri, kali ini komponen excavator justru menjadi sasaran pencurian.





Kronologi Penemuan Tindak Pencurian Komponen Excavator





Excavator merupakan alat berat yang digunakan pada proyek-proyek tertentu dan tidak digunakan dalam aktivitas harian. Hal ini membuat tindak pencurian komponen dari alat berat ini cukup mencengangkan.





Kejadian pencurian ini terjadi di kawasan proyek pembangunan SPBU di Desa Jatimulya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan pada Senin 04 Oktober 2022. Sayangnya kejadian pencurian ini baru diketahui keesokan harinya sehingga kerugian akibat pencurian tidak dapat dihindari.





Baca Juga : Komponen Utama Excavator yang Memiliki Peran Penting Dalam Kinerja Excavator





Excavator yang komponennya hilang ini sendiri merupakan alat berat milik seorang pengusaha dan kebetulan sedang digunakan dalam proyek pembangunan SPBU tersebut. Pencurian ini diperkirakan terjadi pada malam hari saat proyek pembangunan sedang tidak berjalan.





Penjaga lokasi pembangunan yang rutin mengecek berbagai peralatan di pagi hari baru menemukan bahwa komponen excavator rusak pada Selasa pagi selama melakukan pemeriksaan rutin. Kejadian pencurian ini kemudian segera dilaporkan pada pihak Polsek Cidahu yang langsung bertindak bersama Polres Kuningan.





Komponen Excavator yang Hilang Dan Kerugiannya





Meski tidak ada alat berat ataupun peralatan lain yang hilang, namun kejadian pencurian ini dinilai memberikan kerugian yang cukup besar hingga mencapai ratusan juta rupiah. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh penjaga lokasi pembangunan, diketahui bahwa terdapat 4 komponen yang dicuri yaitu CPU utama, controller, monitor, dan box skrining.





Kasat Reskrim Polres Kuningan, AKP M Hafid Firmansyah menuturkan kejadian pencurian ini diketahui setelah penjaga lokasi menemukan bahwa kotak mesin alat berat dalam keadaan terbuka dengan beberapa komponennya yang hilang. Setelah mendapatkan laporan dari pihak terkait, Polsek Cidahu kemudian langsung berkoordinasi dengan Polres Kuningan untuk menindak lanjuti kejadian pencurian ini.





Pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan terhadap laporan tersebut dan melakukan olah tempat kejadian perkara pada 05 Oktober 2022. Laporan kejahatan ini akan ditindak dengan sigap agar pelaku bisa segera ditemukan dan dihukum sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.





Fungsi Penting Komponen Alat Berat Excavator





komponen excavator
abadijayatraktor.com




Dalam sebuah proyek pembangunan, excavator memang memiliki peran yang cukup besar sehingga tidak heran jika alat berat ini selalu ada di lokasi proyek dalam jangka waktu yang lama. Mulai dari meratakan tanah hingga memindahkan material menjadi tugas dasar yang kerap dilakukan oleh excavator dalam proyek pembangunan.





Tentu fungsi excavator ini hanya bisa berjalan maksimal jika komponen excavator tersedia dengan lengkap dan berfungsi dengan baik. Inilah salah satu alasan mengapa hilangnya empat komponen alat berat ini cukup merugikan pemilik excavator dan penyelenggara proyek pembangunan.





Monitor excavator yang ikut dicuri memiliki peran cukup besar karena operator bisa lebih mudah mengoperasikan excavator dengan melihat kondisi lapangan sekitar melalui monitor tersebut. Fungsi excavator akan melambat saat monitor tersebut tidak ada atu tidak berfungsi.





Komponen lain yang dicuri dari excavator ini juga memiliki fungsi yang cukup penting dalam pengoperasian excavator yang bersangkutan sehingga tidak heran jika pencurian ini menimbulkan kerugian yang besar. Kejadian pencurian ini akhirnya membuat excavator tersebut tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.





Hal ini juga menimbulkan kerugian lain karena proyek pembangunan harus dihentikan sementara hingga excavator pengganti didatangkan. Komponen excavator yang hilang juga akan terus dicari melalui proses penyelidikan kasus oleh pihak berwajib.





Sumber : kumparan.com



class = "fb-comments"
data-href = "https://arparts.id/komponen-excavator-digondol-maling-pemilik-rugi-ratusan-juta/"
data-numposts = "10"
data-lazy = "true"
data-colorscheme = "light"
data-order-by = "social"
data-mobile=true>


Posting Komentar untuk "Komponen Excavator Digondol Maling, Pemilik Rugi Ratusan Juta"