Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi

Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi

Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi

 

Salam Civil Engineers. Pada kesempatan ini yang akan menjadi Objek Pembahasan kita yakni Manajemen Komunikasi dalam Proyek Konstruksi. Materi ini tentu saja memiliki Hubungan dengan Materi-materi sebelumnya termasuk Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek

Pengelolaan komunikasi adalah proses yang diperlukan agar mereka yang terlibat dalam proyek, misalnya stake holder, memperoleh informasi yang diperlukan dan pada waktu yang tepat. Ini dapat terdiri dari perumusan,pengumpulan, penyampaian, penerimaan dan penyimpanan informasi proyek. Sistematika proses pengelolaan komunikasi dapat dilihat pada gamar dibawah ini :

Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi
Proses Manajemen Komunikasi Proyek

Perencanaan Komunikasi

Perencanaan komunikasi meliputi penentuan jenis informasi dan komunikasi yang diperlukan proyek, seperti kepada siapa, kapan waktunya, dan bagaimana cara menyampaikannya. Output dari langkah ini adalah lembaran perencanaan komunikasi.

Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi

Distribusi Informasi

Proses ini bertujuan untuk memberikan materi informasi yang diperlukan stake holder tepat pada waktunya. Output dari langkah ini adalah lembaran atau catatan informasi.
Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi

Laporan

Proses ini berkaitan dengan pembuatan laporan kemajuan proyek serta sumber daya yang telah digunakan untuk melakukan kegiatan sampai saat pelaporan. Output dari langkah ini adalah laporan kemajuan atau kinerja proyek.
Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi


Penutupan Administrasi

Penutupan administrasi meliputi verifikasi dan dokumentasi laporan yang penting guna mempersiapkan laporan penyelesaian proyek dan project acceptance. Output dari langkah ini adalah dokumen laporan penutupan proyek dan fonnal acceptance.

Teknik, Metode, dan Prosedur

Teknik, metode, dan prosedur pengelolaan komunikasi adalah mengadakan pertemuan dan rapat, membuat laporan tertulis, dan menggunakan sistem informasi manajemen proyek.

Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi


Demikianlah Sekilas pembahasan tentang Manajemen Komunikasi dalam proyek. Materi tentang Komunikasi secara jelasnya akan dibahas pada materi-materi selanjutnya.

Bagi anda yang menyukai Materi ini bisa mengikuti Materi selanjutnya tentang Konsep Sistem dan manajemen Integrasi Proyek. IKUTI Updetan Materinya Melalui Facebook dengan cara Klik FOLLOW.


Posting Komentar untuk "Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi"